Tol Cisumdawu Bisa Tekan Kemacetan di Cadas Pangeran

Tol Cisumdawu Bisa Tekan Kemacetan di Cadas Pangeran

Ruas Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan). (foto - ist)

Bandung - Semakin parahnya kemacetan yang terjadi di ruas jalan sekitar Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang, keberadaan Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) bisa digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2017.

"Kami setuju kalau Tol Cisumdawu dibuka untuk jalur mudik nanti, karena ini akan sangat membantu mengurangi kemacetan di jalur mudik sekitar Sumedang," kata Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Minggu (28/5/2017).

Ia mengatakan, kemacetan Bandung - Sumedang sekarang ini  sudah mengkhawatirkan. "Ketika saya ada tugas ke Sumedang, macetnya sudah luar biasa. Bandung-Sumedang bisa ditempuh hingga lebih  tiga jam lebih, itu pun saya memakai patwal," katanya.

Bahkan, jika tidak menggunakan patwal polisi rute Sumedang-Bandung melalui kawasan Cadas Pangeran, bisa ditempuh selama empat hingga lima jam. Oleh karena itu, katanya jika Tol Cisumdawu jadi dibuka untuk jalur mudik maka hal itu akan mengurangi kemacetan di sekitar Sumedang, khususnya saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang serta Dinas Perhubungan Jawa Barat, untuk memantau langsung kondisi Tol Cisumdawu tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, enam km pertama Tol Cisumdawu akan digunakan untuk jalur mudik jika terjadi gangguan di sekitar Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang.

Apabila sudah bisa digunakan, maka pemudik bisa memanfaatkan Tol Cisumdawu tersebut dari Tanjungsari kemudian masuk ke Pasar Rancakalong dan berakhir di salah satu terowongan tol tersebut.

"Rencananya pengendara bisa masuk dari Tanjungsari terus ke Pasar Rancakalong sampai ke rencana terowongan, keluar dan masuk lagi ke jalan provinsi Rancakalong. Itu solusi alternatif apabila ada gangguan di sekitar Cadas Pangeran," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,