Jalur Selatan Garut Terputus Arus Lalu Lintas Lumpuh Total

Jalur Selatan Garut Terputus Arus Lalu Lintas Lumpuh Total

Tanah tebing yang berada jalur utama Garut Selatan menuju Kecamatan Bungbulang longsor. (foto - @RTMC_PoldaJabar)

Garut - Tebing yang berada di jalur utama Garut Selatan menuju Kecamatan Bungbulang longsor, setelah hujan mengguyur wilayah Garut dari sore hingga malam hari. Untuk sementara ini, arus lalu lintas terputus arus lalu lintas pun lumpuh total.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria, hujan yang terjadi semalam menyebabkan material longsor yang berada Jalur Bungbulang - Sukarame Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Kecamatan Bungbulang ambrol. Beruntung tidak menimbulkan korban jiwa.

"Namun untuk sementara ini kendaraan tidak bisa lewat, karena jalan masih terputus," katanya, Senin (29/5/2017). Banyaknya material longsor yang menutup bahu jalan, menyebabkan kendaraan dari dua arah tidak dapat melintasi jalan. Akibatnya, antrean panjang kendaraan pun mengular dari kedua arah.

Untuk membersihkan material longsor yang didominasi lumpur dan bebatuan, pihaknya membutuhkan alat berat agar arus lalu lintas kembali normal. "Kami telah memohon bantuan PU Bina Marga Provinsi untuk pengiriman alat berat ke lokasi," katanya.

Dengan topografi alam yang berbukit dengan kontur tanah merah yang curam, jalur Garut selatan selama ini kerap dilanda musibah longsor. Akibatnya, saat hujan deras hampir sepanjang jalur lalu lintas Garut selatan, baik yang melalui Pameungpeuk atau Bungbulang kerap dihantui ancaman longsor. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,