Rizieq Shihab Jadi Buronan Jika Tak Segera Serahkan Diri

Rizieq Shihab Jadi Buronan Jika Tak Segera Serahkan Diri

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Argo Yuwono. (foto - ist)

Jakarta - Rizieq Shihab segera ditetapkan sebagai buronan dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), bila tidak segera menyerahkan diri ke kepolisian. Hal itu menyusul diterbitkannya surat perintah penangkapan terhadap Rizieq yang berstatus tersangka.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Argo Yuwono menyatakan, sebelum masuk dalam DPO, kepolisian akan melakukan beberapa langkah untuk menangkap Rizieq. Yakni langsung melakukan perburuan, utamanya ke rumah Rizieq.

Apabila di rumah itu Rizieq tidak ditemukan, kepolisian akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk melacak keberadaan Rizieq, jika benar ia berada di luar negeri. Saat bersamaan, penyidik Polda Metro Jaya juga menerbitkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) tersangka Rizieq, dan dikirim ke Jaksa Penuntut Umum.

Jika semua tahapan itu sudah dilalui dan Rizieq tak kunjung menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, ia akan dinyatakan sebagai buronan dan masuk dalam DPO yang nantinya diterbitkan kepolisian. "Jadi ini dasar untuk kita gunakan, mengeluarkan daftar pencarian orang. Tahapan ini harus dilalui oleh penyidik," kata Argo di Jakarta, Selasaa (30/5/2017).

Disebutkan, dengan masuknya nama Rizieq dalam DPO, kepolisian akan berkoordinasi dengan Interpol untuk mengeluarkan Red Notice. "Jadi Red Notice nanti kita menunggu. Sebelum Red Notice muncul, kalau yang bersangkutan hadir ya tidak perlu lagi," tegas Argo.

Seperti diketahui, Rizieq ditetapkan sebagai tersangka terhitung sejak pukul 12.00 WIB, Senin 29 Mei 2017. Ia dijerat Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 juncto Pasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 35 Undang-undang nomor 44 Tahun 2008 tentang pornografi.

Sejauh ini, Rizieq tak pernah mau memenuhi panggilan penyidik kepolisian, tercatat sudah dua kali ia memilih mangkir dan pergi ke luar negeri. Bahkan, kepolisian terpaksa menerbitkan surat perintah membawa Rizieq. Padahal, saat itu Rizieq masih berstatus sebagai saksi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,