14 Anggota Geng Motor Pelaku Begal di Bandung Diringkus

14 Anggota Geng Motor Pelaku Begal di Bandung Diringkus

Satreskrim Polrestabes Bandung ringkus 14 kawanan geng motor yang nyambi sebagai begal sadis di Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Kawanan geng motor yang nyambi sebagai begal di Kota Bandung berhasil diringkus polisi. para pelaku pun mengakui perbuatan kriminalnya di bawah pengaruh alkohol.

Mereka yang berjumlah 14 orang itu ditangkap Satreskrim Polrestabes Bandung di SPBU Jalan Garuda Kota Bandung, Minggu lalu. Komplotan begal tersebut mengaku sudah 35 kali beraksi di 11 tempat kejadian perkara (TKP) di Kota Bandung.

"Saya mengakui dan saya menyesal. Waktu itu habis minum-minum (minuman keras)," kata DJ (21), salah seorang pelaku di Mapolrestabes Bandung Jalan Jawa Kota Bandung, Selasa (30/5/2017).

Diakui DJ, aksi begal itu tidak direncanakan. Sehabis pulang dari minum-minum di Taman Flexi Dago, ia bersama rekan lainnya berkeliling seputar Bandung. "Tiba-tiba kepikiran saja di jalan. Ada tempat sepi, terus korban kita pepet. Siapapun itu. Lalu kita bacok dan ambil barangnya," katanya.

DJ yang mendapatkan timah panas dari polisi di kaki kanannya itu mengaku semua barang hasil pembegalan dikumpulkan terlebih dahulu. "Ada yang belum sempat dijual. Kalau yang sudah dijual itu untuk sehari-hari saja," kata DJ.

Sedangkan pelaku lainnya, AI (20) mengaku hanya ikut-ikutan dengan kelompoknya untuk melancarkan kejahatan jalanan. AI berperan sebagai eksekutor yang membacok korbannya menggunakan pisau daging. "Pisaunya dikasih sama anak-anak. Disuruh pakai saja, tapi kadang enggak dipakai untuk membacok, cuma dipakai buat nodong," sebut AI.

Selain menangkap DJ dan AI, Satreskrim Polrestabes Bandung juga mencokok 12 orang pelaku lainnya. Keseluruan ada 14 orang pelaku, yang melakukan aksi begal di 11 lokasi di Kota Bandung. "Mereka bekerja secara bersama-sama. Dalam satu kali aksi mereka bergerombol hingga 8 motor," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo.

Menurut DJ dan pelaku lainnya, mereka telah melakukan sedikitnya 13 kali aksi curas. "ya, sudah 13 kali melakukan, di Padjadjaran, Cicendo hasilnya dipakai untuk minum-minum lagi aja seperti biasanya," kata DJ yang merupakan residivis atas kasus yang sama pada 2013 lalu.

Selain DJ, sebanyak 13 pelaku lainnya yakni LS (22), AI (20), KAM (25), MIM (17), RB (17), ET (16), RS (17), RF (16), AR (15), DA (17), TYT (17), MRH (16) dan II (15), kini ditahan di rutan anak. Sedangkan empat tersangka dewasa lainnya ditahan di Satreskrim Polrestabes Bandung. Polisi mengamankan barang bukti sedikitnya tujuh unit sepeda motor hasil rampasan, beberapa senjata tajam seperti golok, samurai dan pisau. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,