Bekasi Rawan Pohon Tumbang dan Banjir

Bekasi Rawan Pohon Tumbang dan Banjir

Bekasi Rawan Pohon Tumbang dan Banjir

Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, mewaspadai adanya kemungkinan pohon tumbang dan penanganannya saat musim hujan di wilayah itu.
 
"Saat ini sudah mulai masuk musim hujan dimana ada rawan banjir dan pohon tumbang," kata Kepala Seksi Pengendalian dan Penataan Taman Kota Bekasi, Novia di Bekasi, Sabtu (15/11/2014).
 
Menurut dia, pohon tumbang juga merupakan salah satu fokus penanganan pihaknya selama musim hujan karena curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sewaktu-waktu bisa membuat pohon tumbang.
 
Ia menyebutkan Dinas Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi siap menangani adanya pohon tumbang, khususnya yang berada di bahu jalan.
 
"Hingga saat ini kami belum mendapat laporan tentang adanya pohon yang tumbang. Tapi pemantauan terus kami lakukan," katanya.
 
Menurut dia, laporan tentang potensi pohon tumbang biasanya disampaikan petugas Dishub maupun kepolisian kepada pihaknya, sehingga dapat segera ditangani.
 
"Jika ada pohon yang menghalangi 'traffic light' maupun tumbang, pasti kami tangani," katanya.
 
Selain itu, kata dia, pihak DPPPJU juga membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk memantau dan menangani pohon yang roboh atau tumbang.
 
"Biasanya satgas mendapat info dari Dishub maupun kepolisian yang memang berada di lapangan. Jika memang ada informasi soal pohon yang berpotensi rubuh atau menghalangi rambu lalu lintas, kami akan langsung melakukan pemangkasan," katanya.
 
Novia mengatakan, pihaknya memiliki anggaran perawatan taman kota sebesar Rp200 juta per tahunnya.
 
"Kami sebenarnya setiap dua bulan sekali melakukan perawatan serta memperhatikan pohon-pohon yang ada. Dari sisi ketinggian, apabila sudah mencapai empat meter maka akan kami pangkas," katanya. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,