KPK Periksa Artalyta Telusuri Keterlibatan Pihak Lain BLBI

KPK Periksa Artalyta Telusuri Keterlibatan Pihak Lain BLBI

Artalyta Suryani (Ayin).

Jakarta - KPK memeriksa Artalyta Suryani (Ayin) terkait aset tambak Dipasena milik obligor BLBI Sjamsul Nursalim. KPK menelusuri ada tidaknya keterlibatan pihak lain terkait dugaan korupsi penerbitan surat keterangan lunas (SKL), dengan tersangka mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung.

"Artalyta Suryani diperiksa untuk tersangka SAT (Syafruddin Arsyad Temenggung). Kami melakukan pemeriksaan saksi untuk keperluan pembuktian dalam proses penyidikan untuk SAT. Apakah nanti ada pihak yang terlibat, itu tergantung pada kecukupan bukti yang ditemukan penyidik," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Rabu (31/5/2017).

Syafruddin disangkakan melakukan tindak pidana bersama pihak lain. Namun saat ini baru Syafruddin yang ditetapkan sebagai tersangka. "Kami sudah menggunakan Pasal 55 Ayat 1 Ke-1 KUHP, itu artinya diduga korupsi ini dilakukan bersama-sama oleh sejumlah pihak," tegas Febri.

"Dalam proses penyidikan selain membuktikan dan memperkuat alat bukti yang ada untuk tersangka SAT, kita juga secara paralel mencari pihak lain yang juga harus bertanggung jawab dalam kasus BLBI," katanya.

Syafruddin ditetapkan KPK sebagai tersangka terkait pemberian surat pemenuhan kewajiban pemegang saham atau surat keterangan lunas (SKL) kepada Sjamsul Nursalim, selaku pemegang saham pengendali Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) pada tahun 2004.

Pemberian SKL itu dilakukan terkait dengan pemenuhan kewajiban penyerahan aset oleh obligor BLBI kepada BPPN. SKL dikeluarkan mengacu pada Inpres Nomor 8 Tahun 2002 yang dikeluarkan pada 30 Desember 2002 oleh Megawati Soekarnoputri, yang saat itu menjabat Presiden RI.

Syafruddin disebut menyetujui Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) atas proses litigasi terhadap kewajiban obligor menjadi restrukturisasi, atas kewajiban penyerahan aset oleh obligor kepada BPPN sebesar Rp 4,8 triliun. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,