Gema Suara Azan di Akhir Drama Pemakaman Yana Zein

Gema Suara Azan di Akhir Drama Pemakaman Yana Zein

Anak Yana Zein ungkapkan perasaan selepas prosesi pemakaman. (foto - ist)

Jakarta - Setelah diwarnai berbagai perdebatan dan perselisihan keluarga yang sempay mencuat jelang pemakaman artis sinetron "Cinta di Langit Taj Mahal". jenazah Yana Zein akhirnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gandul Bulak Lebar Cinere Depok, Jumat (2/6/2017) petang.
 

Sebelumnya, Yana Zein akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang Jakarta Selatan. Namun kandas setelah kedatangan ayahanda Yana Zein, Nurzaman Zein sesaat sebelum ditutupnya peti mati. 

Nurzaman bersikukuh, putrinya meninggal dalam keadaan Islam. ‎Ia pun coba meyakinkan mantan istrinya, Swetlana Zein. Dengan berat hati Swetlana menerima keputusan itu usai melalui perdebatan sengit.

"Pulang dari Beijing saya baca dari internet kalau dia tidak puasa dan akan menggantinya setelah Ramadan. Berarti ia muslim," kata Nurzaman Zein di Rumah Duka RS Fatmawati Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017).

Drama sengit pun kembali terjadi saat Nurzaman memindahkan jasad Yana Zein dari peti mati. ‎Lantunan ayat Alquran dan salawat disambut teriakan histeris sang ibunda yang berdarah Rusia.

Setelah disalatkan dan dimandikan, jenazah Yana Zein langsung dibawa ke masjid. Namun demikian, pihak keluarga sempat salah masuk masjid, akhirnya memutuskan untuk menyalati Yana Zein di dua masjid.  Perselisihan kembali tampak sebelum jenazah dimasukkan ke liang lahat. Putri pertama Yana Zein, Alika sempat berbicara serius dengan Nurzaman Zein.

Sambil meneteskan air mata, akhirnya Alika sepakat menguburkan Yana Zein di TPM Bulak Lebar Cinere Depok. Tampak beberapa awak media ikut menggotong keranda jenazah Yana Zein. "Kami sangat berterima kasih kepada semua, juga media. Kita bersyukur kepada Allah SWT, karena bisa mengantarkan beliau ke alam barzah," kata Nurzaman.

Dalam prosesi pemakaman itu, kumandang azan dan iqomah pun dilantunkan di liang lahat, diiringi doa, tasbih, tahlil dan tahmid berkumandang sepanjang prosesi pemakaman. Kedua anak Yana saling berpegangan tangan di dekat pemakaman.

Mereka coba menahan air mata dan menabur bunga untuk wanita yang telah melahirkan dan membesarkan mereka dengan penuh kasih sayang. Meninggalnya Yana Zein menninggalkan duka tersendiri bagi banyak sahabat.

Yana Zein menderita kanker payudara stadium 4, ia pun sempat berobat ke Cina dan mengalami perbaikan. Namun demikian, nasib berkata lain. Yana dipanggil Yang Maha Kuasa, pada Kamis dinihari 1 Juni pukul 01.05 WIB. (Jr.)**

.

Categories:Hot Seleb,
Tags:,