Sejumlah Rumah di Garut Terendam Jalan pun Terputus

Sejumlah Rumah di Garut Terendam Jalan pun Terputus

Sejumlah rumah di Kabupaten Garut terendam banjir jalan pun banyak yang terputus. (foto - Tim SAR)

Garut - Hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat, sejak Senin sore menyebabkan sejumlah wilayah dan rumah warga terendam banjir. Sejumlah ruas jalan pun terpaksa ditutup, mengingat volume air terus meningkat.

Seperti di Jalan Raya Otista Kecamatan Tarogong Kaler Garut misalnya, ketinggian air sempat mencapai satu meter lebih. Kendaraan roda dua maupun roda empat praktis tidak bisa melewati kawasan ini. Banyak pengendara yang merangsek menerobos air, sehinggabanyak yang mogok dan harus dievakuasi oleh warga sekitar.

"Ya, genangannya mencapai sekitar 1,5 meter. Ini jelas nggak bisa dilewati, kalau lewat kendaraan bakalan mogok dan bisa terseret arus," kata Lurah Cimanganten Kecamatan Tarogong Kaler, Agus Jaenudin, Selasa (6/6/2017) dinihari.

Namun demikian, dilaporkan tidak ada korban, hanya ada yang sedang sakit harus dievakuasi dengan blangkar. Warga pun sudah banyak yang mengungsi," sebut Agus.

Perkampungan di sekitar Jalan Otista dilaporkan tergenang banjir dengan ketinggian satu meter. Sejumlah warga yang rumahnya kebanjiran pun memilih untuk mengungsi ke pinggir jalan.

Bahkan, banjir yang menerjang wilayah garut kali ini ketinggiannya ada yang mencapai 2 meter. itu terjadi di Kampung Tanjakan, Desa Mekargalih. "Banjir terjadi dari pukul 23.00 WIB. Ada yang terendam cukup parah. Namun, pemiliknya, Pak Asep sudah dievakuasi," kata Ketua RT setempat, Lilit Suryadi di Kampung Tanjakan Tarogong Kidul Garut.

Sementara itu, di Perumahan Cipta Indah yang berada di Desa Jayawaras Kecamatan Tarogong Kidul, ratusan rumah milik warga pun terendam. Bahkan, beberapa tembok rumah jebol karena tidak kuat menahan debit air yang terus bertambah.

Selain itu, di beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Garut juga dilaporkan terendam banjir. Antara lain di Kecamatan Samarang, Karangpawitan dan Tarogong Kaler. Sejauh ini, belum ada laporan resmi terkait korban jiwa maupun luka dari dinas terkait. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,