Digeledah, Rumah Terduga Teroris WT di Cibiru Bandung

Digeledah, Rumah Terduga Teroris WT di Cibiru Bandung

Penggeledahan rumah terduga teroris WT di Kampung Babakansari Kecamatan Cibiru Kota Bandung, Rabu 7 Juni 2017. (foto - ist)

Bandung - Tim Densus 88 Antiteror bersama jajaran Polda Jabar melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris WT di Kampung Babakansari Kecamatan Cibiru Bandung, Rabu (7/6/2017) sekitar pukul 15.30 WIB. WT ditangkap karena diduga terlibat dalam teror bom Kampung Melayu.

Warga sekitar membenarkan rumah yang digeledah di RT 02 RW 08 merupakan kediaman WT. "Betul itu rumah nomor 11 yang posisinya di ujung itu milik WT," kata sejumlah warga. Puluhan polisi bersenjata lengkap melakukan penjagaan di sekitar rumah WT.

WT ditangkap Densus 88 di Jalan Jatikaler, Soreang Kabupaten Bandung. WT diduga sebagai pemberi motivasi kepada dua pelaku bom bunuh diri di Kampung Melayu, Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus mengatakan, WT merupakan pimpinan yayasan As-Sunnah yang berlokasi di Cileunyi. Selain WT, yayasan itu dipimpin oleh MI, yang sudah ditangkap sebelumnya.

"Perannya sebagai salah seorang motivator, pimpinan Yayasan As-Sunnah di Cileunyi. Guru ngaji pas lima hari sebelum peledakan, ngasih tausiah ke INS dan AS," katanya.

Dalam penggeledahan, Densus 88 menyita satu unit senapan angin, panci yang berisi paku, seragam loreng, helm, buku, paspor dan dokumen pribadi milik WT. WT tercatat sebagai warga Kampung Babakansari 02/08, Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru Kota Bandung sejak tujuh tahun lalu.

"Orangnya baik, suka gaul dengan masyarakat," kata Kerua RW 02 Saeful Holik. Ia mengakui, dua hari lalu merupakan pertemuan terakhirnya bersama WT. "Dari perilakunya tak memperlihatkan seperti teroris, orangnya biasa saja. Saya tidak menyangka jika WT diduga sebagai teroris," katanya.

WT juga merupakan bendahara di cluster, setiap bertemu dengan Saiful WT kerap membicarakan tentang sampah atau jalan rusak. Pada penggeledahan itu, Saiful pun turut menyaksikan. Akses jalan menuju rumah WT berada di Jalan Manisi Bandung, atau tempat bom Cibiru tahun 2010 lalu. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,