31 Jasad Korban Pesawat Militer Myanmar Jatuh Ditemukan

31 Jasad Korban Pesawat Militer Myanmar Jatuh Ditemukan

31 Jasad Korban Pesawat Militer Myanmar Jatuh Ditemukan. (foto - AP)

Yangon - Petugas penyelamat terus melakukan pencarian jenazah korban pesawat militer Myanmar, yang jatuh di Laut Andaman. Sejauh ini, baru 31 jenazah korban yang telah ditemukan dan diangkat dari lautan.
 
Dilansir Reuters, Jumat (9/6/2017) pencarian korban dan puing pesawat militer yang membawa 122 orang itu telah memasuki hari ketiga. Pesawat buatan Cina jenis Y-8-200F itu hilang kontak pada Rabu waktu setempat saat mengudara dari Kota Myeik menuju Yangon.
 
Sedikitnya delapan kapal Angkatan Laut dan sistem sonar dikerahkan untuk membantu pencarian. Sekitar 20 kapal sipil juga turut membantu pencarian, yang dilakukan di tengah cuaca buruk yang menyelimuti pantai selatan Myanmar. "Kami belum menerima informasi apapun soal korban selamat. Semoga ada seseorang yang selamat," kata pejabat lokal, Phyu Phyu Win.
 
Sejumlah tentara Myanmar disiagakan di desa nelayan Sanlan yang berjarak 600 kilometer dari Yangon, untuk membantu proses pemindahan jenazah korban. Jenazah para korban yang telah ditemukan dibawa via jalur udara, karena gelombang laut yang besar.

Lewat halaman Facebook-nya, militer Myanmar menyebut sejauh ini sudah 31 jenazah korban yang diangkat. Terdiri atas 23 warga dewasa dan 8 anak-anak, yang ditemukan dari perairan Laut Andaman, dekat kota pantai Launglon. Upaya pencarian dan penyelamatan dimulai sejak Rabu lalu.

Pesawat yang jatuh tersebut membawa 108 penumpang dan 14 awak. Para penumpang terdiri atas para tentara Myanmar dan keluarganya, dengan rincian 58 warga sipil dewasa, 15 anak-anak dan 35 tentara.

Otoritas militer Myanmar menyatakan, pesawat hilang kontak sekitar 29 menit setelah lepas landas dari kota Myeik menuju Yangon. Pesawat tengah mengudara pada ketinggian 18 ribu kaki (5.485 meter) di atas Laut Andaman saat hilang kontak.

Serpihan seperti roda pesawat, dua jaket pelampung dan sejumlah tas berisi pakaian yang diyakini berasal dari pesawat militer itu, telah ditemukan pada Kamis lalu. Mengenai penyebab jatuhnya pesawat masih sampai saat ini  diselidiki. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,