Wasit Fariq 'Diistirahatkan' Usai Pimpin Duel PS TNI vs Persija

Wasit Fariq 'Diistirahatkan' Usai Pimpin Duel PS TNI vs Persija

Wasit Fariq Hitaba 'Diistirahatkan' Usai Pimpin Duel PS TNI vs Persija. (foto - ist)

Bogor - PSSI mengistirahatkan wasit Fariq Hitaba, akibat keputusan kontroversial di laga PS TNI menghadapi Persija Jakarta Kamis 8 Juni 2017. Fariq Hitaba diistirahatkan untuk sementara waktu, sampai ada keputusan final dari Komite Wasit.

Fariq telah mengambil keputusan yang aneh ketika memimpin duel PS TNI versus Persija di Stadion Pakansari Bogor. Sempat memutuskan memberikan penalti untuk PS TNI, namun belakangan Fariq menganulirnya.

Keputusan Fariq menganulir penalti disebabkan karena ia melihat tayangan ulang lewat kameramen official broadcaster di pinggir lapangan. Tindakan itu menurut Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono memang tidak dibenarkan. 

Sebab, sejauh ini PSSI dan Liga 1 belum menggunakan teknologi video assistant referee (VAR) untuk membantu kinerja wasit. Sudah ada diskusi dengan Komite Wasit. Tindakannya dinyatakan satu kesalahan. Seharusnya, wasit mengambil keputusan atas apa yang dilihat dan didengar. 

"Ia pun bisa mengkonsultasikannya dengan asisten. Cukup itu saja tidak ada informasi lain, termasuk melihat tayangan ulang karena VAR belum diterapkan," kata Joko.

Sejauh ini, belum diketahui hingga kapan Fariq diistirahatkan. Komite Wasit akan mengambil keputusan lanjutan demi menentukan nasibnya.

"Boleh keputusan berubah, tapi biasanya wasit memanggil kedua kapten. Ia juga harus menjelaskan analisisnya kenapa keputusan yang diambil diubah. Namun, jangan ambil sumber lain seperti video," tegas Joko. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait