Sebelum Sukabumi, Gempa Lebih Dulu Guncang Bandung

Sebelum Sukabumi, Gempa Lebih Dulu Guncang Bandung

Sebelum Sukabumi, Gempa Lebih Dulu Guncang Bandung.

Bandung - Sedikitnya 16 daerah di wilayah Jawa Barat dilaporkan merasakan getaran gempa bumi berkekuatan 6,3 pada skala Richter pada kedalaman 10 kilometer laut. Gempa  yang terjadi Senin pagi pukul 06.15 WIB itu, berlokasi 179 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung Yadi Hendarmin menyatakan, daerah yang merasakan getaran lindu yang cukup kuat itu adalah kawasan Bandung Raya dan sebagian Jabodetabek.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat yang kita terima adalah Kota Bandung, Lembang, Cisarua, Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Pangalengan, Pelabuhan Ratu, Jakarta, Cianjur, Bogor, Samarang Garut, Banjar, Lebak Banten, Sawangan, Kota Bekasi, Depok dan Kabupaten Bekasi," kata Yadi, Senin (12/6/2017).

Meski berkekuatan relatif besar dan posisinya di laut lanjut Yadi, gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Ia juga menyatakan gempa bumi di Sukabumi itu tidak ada sangkut pautnya dengan kejadian gempa bumi di barat daya Bandung.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 2,9 pada skala Richter terjadi sekitar pukul 04.15 WIB di Bandung di hari yang sama dengan gempa Sukabumi. Sumber gempa diketahui terletak di kedalaman 172 kilometer di 14 kilometer barat daya Bandung. "Itu berbeda karena sumber gempanya juga berbeda dan jaraknya berjauhan," tegas Yadi.

Berdasarkan keterangan dari staf Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jabar, Eko, gempa yang terjadi di Kabupaten Bandung berkekuatan kecil hingga kecil kemungkinan dirasakan. "Karena magnitudenya kecil dan berada pada kedalaman menengah, tidak akan dirasakan oleh warga dan hanya terekam oleh alat saja," katanya.

Sementara Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jabar mencatat, pada Mei 2017 lebih dari 15 kejadian gempa bumi terekam oleh BPBD Jawa Barat. Sebagian besar lokasi gempa bumi itu terjadi di daerah Priangan Timur seperti Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,