4 Pejabat Mojokerto Diringkus, KPK Sita Uang Ratusan Juta

4 Pejabat Mojokerto Diringkus, KPK Sita Uang Ratusan Juta

Sejumlah ruang kerja di Kantor DPRD di Jalan Gajah Mada 146 Kota Mojokerto Jawa Timur disegel. (foto - ist)

Mojokerto - Satuan Tugas (Satgas)  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Mojokerto Jawa Timur. Sedikitnya empat orang sekaligus diringkus petugas KPK pada operasi yang digelar, Sabtu (17/6/2017) dinihari.

Berdasarkan informasi, empat orang yang diamankan KPK adalah Ketua DPRD Kota Mojokerto berinsial P, dua Wakil Ketua DPRD masing-masing berinisial F dan MF serta seorang Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Mojokerto berinisial W.

Empat orang itu diamankan sekitar pukul 01.00 WIB di Kantor DPRD Kota Mojokerto, Jalan Gajah Mada 146. Diduga, penangkapan ini terkait kasus sejumlah proyek PU di Kota Mojokerto, merujuk salah satu yang diamankan adalah Kepala Dinas PU. Sedikitnya ada tiga ruang kantor yang disegel KPK line, yakni kantor Ketua DPRD, Kantor Komisi III dan Kantor Sekretariat DPRD Kota Mojokerto.

Sementara itu, menurut salah satu karyawan DPRD Kota Mojokerto, sebelum penangkapan anggota DPRD menggelar rapat dengar pendapat bersama Dinas Pendidikan Kota Mojokerto hingga Jumat 16 Juni 2017 pukul 24.00 WIB.

"Namun setelah hearing kantor sudah tutup semuanya, jadi saya tidak tahu kalau ada penggerebekan KPK. Mungkin di atas jam 12 (malam)," katanya. Sejauh ini, belum ada penjalasan resmi dari KPK terkait OTT di Mojokerto. Kondisi kantor DPRD Mojokerto masih tertutup dan mendapat penjagaan Satpol PP.

Dalam OTT tersebut, Tim Satgas KPK juga‎ menyita uang ratusan juta dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Mojokerto Jawa Timur. Uang ratusan juta yang disita tersebut dalam pecahan rupiah, yang akan dijadikan barang bukti penyidikan kasus dugaan korupsi. Semuanya masih dihitung untuk dirilis ke publik.

"Uang yang disita diperkirakan mencapai ratusan juta," kata petugas. Selain pimpinan DPRD Mojokerto dan kepala SKPD, KPK juga menangkap beberapa orang lainnya. KPK juga menyegel ruangan kerja masing-masing milik pimpinan DPRD, Sekretaris DPRD serta Komisi III DPRD Mojokerto.

Semua yang ditangkap kini sedang dalam perjalanan menuju ke Gedung KPK Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan. Setiba di KPK nanti, mereka akan langsung diperiksa untuk diputuskan statusnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,