Selesai Dibangun Tol Palindra Amblas Sepanjang 30 Meter

Selesai Dibangun Tol Palindra Amblas Sepanjang 30 Meter

Baru saja selesai dibangun Tol Palembang - Indralaya (Palindra) amblas sepanjang 30 meter. (foto - ant)

Ogan Ilir - Tol Palembang - Indralaya (Palindra) yang rencananya akan digunakan untuk jalur mudik Lebaran, amblas sepanjang 30 meter. Diduga, dasar tanah yang merupakan rawa menjadi pemicu amblasnya ruas jalan tol tersebut.

Penurunan tanah terjadi, pada Sabtu siang. Karena dianggap menganggap mengancam keselamatan pengendara, menyebabkan rencana pembukaan Tol Palindra untuk mudik Lebaran awal pekan depan terancam batal.

Menurut Manajer Proyek PT Hutama Karya (HK) Divisi Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo, lokasi jalan yang amblas berada di sesi satu, Palembang - Pemulutan. Konstruksi bangunan tidak menggunakan sistem vakum, dan hanya menanamkan vertikal drill sedalam 16 meter sampai 18 meter.

"Ada jalan tol yang amblas, panjangnya 30 meter di ruas sesi satu," kata Hasan, Sabtu (17/6/2017) malam. Menurutnya, perbaikan diperkirakan memerlukan waktu seminggu, berupa melapisi jalan dengan material keras. Namun pihaknya akan berupaya konstruksi lebih cepat agar bisa dilalui.

"Akan diupayakan memperbaiki secepat mungkin. Untuk sekarang akan dievaluasi dulu apakah berbahaya atau tidak jika dilintasi," katanya.

Sementara itu, staf Geodesi Tol Palindra, M Anshar mengaku tidak menyangka amblasnya jalan tol itu. Penyebabnya lantaran anomali tanah yang turun secara tiba-tiba. "Bagian yang rusak memang tidak pakai vakum, karena banyak kabel, pipa gas dan minyak," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,