Bandara Soetta Gagalkan Dua Kali Penyelundupan 1 Kg Sabu

 Bandara Soetta Gagalkan Dua Kali Penyelundupan 1 Kg Sabu

Bea Cikai Bandara Soekarno-Hatta gagalkan dua kali penyelundupan 1 kg sabu selama Ramadhan. (foto - ilustrasi)

Tangerang - Selama Ramadhan 2017, petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan dua kali upaya penyelundupan narkoba. Kedua Penyelundupan  dengan barang bukti lebih dari 1 kg sabu itu, dilakukan Warga Negara (WN) Cina dan Kenya.

Menurut Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Kota Tangerang Erwin Situmorang, penyelundupan pertama dilakukan oleh WN Cina berinisial JWY. Ketika itu tersangka kedapatan menyembunyikan sabu di sepatu dan pembalutnya.

"Tersangka kedapatan menyembunyikan empat butir pil ekstasi di dalam sepatu, yang ia kenakan dan lima gram sabu dalam pembalut yang dipakainya. Tim lalu melakukan koordinasi dengan Satuan Narkoba Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan controlled delivery," kata Erwin Situmorang, Rabu (21/6/2017).

Berdasarkan pengakuannya, JWY membawa narkotika tersebut untuk diserahkan kepada seseorang yang berinisial LD, alias K di sebuah klub hiburan di kawasan Jakarta Utara. Petugas kemudian menanyakan LD beserta rekannya berinisial FDD dan CCY.

Sementara itu, penyelundupan kedua terjadi pada 10 Juni 2017. Seorang wanita asal Kenya berinisial P kedapatan menyimpan sabu dalam gagang koper yang dibawanya.

"Petugas mendapati kristal putih yang merupakan sabu seberat 1.210 gram. Cara kerja jaringan tersebut tergolong baru, yakni dengan menjadikan kurir sebagai pengantar barang dan pemesan safe house jaringan, untuk melancarkan aksi peredaran narkoba di lndonesia," katanya.

Kasus tersebut saat ini masih dalam proses penyidikan petugas. Para tersangka dijerat UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati.

"Berdasarkan sejumlah barang bukti dalam operasi tersebut, Bea dan Cukai Soekarno Hatta menyelamatkan sekitar 9.700 jiwa dari penyalahgunaan narkoba," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,