Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Hari Ini

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Hari Ini

Antrean mobil pemudik memadati dermaga di Pelabuhan Merak Banten. (foto - ist)

Merak - Tiga hari (H-3) menjelang Lebaran (Kamis 22 Juni 2017) hari ini merupakan puncak arus mudik masyarakat, yang menyeberang di Pelabuhan Merak banten menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Berdasarkan perkiraan  Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, hari ini dan dua hari ke depan akan menjadi puncak arus mudik Lebaran 2017 di Pelabuhan Merak. "Perkiraannya nanti menjelang pagi dan dua hari ke depan. Karena sudah memasuki masa cuti kantor," kata Listyo di Pelabuhan Merak, Kamis (22/6/2017).

Begitupun General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Tommy L Kaunang mengatakan, karena sudah tiga hari menjelang lebaran maka malam ini di Pelabuhan Merak akan terjadi puncak arus mudik. "Betul prediksi hari ini sama besok terjadi puncak arus mudik," katanya.

Berdasarkan data produksi harian PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak, pada H-3 ini tercatat pemberangkatan kapal mencapai 130 trip selama 24 jam. Jumlah itu naik 16,1 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang mencapai 112 trip.

Secara keseluruhan penumpang mencapai 121.669 orang, atau turun 27,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 167.337 orang. Terdiri atas pejalan kaki 21.317 orang atau turun 26,9 persen, dibandingkan dengan tahun lalu 29.148 orang.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di Tol Tangerang - Merak pun mulai dipadati oleh para pemudik dari arah Jakarta. Antrean kendaraan sudah tampak di beberapa gerbang tol seperti exit tol Merak dan gerbang tol Cikupa.

"Untuk saat ini dari arah Jakarta ke Merak lalin padat, juga dari arah Merak ke Jakarta juga sama-sama padat. Tadi mengalami hambatan di kilometer 67+700 arah Merak terjadi kecelakaan," kata petugas Sentra Informasi dan Komunikasi Tol Tangerang-Merak, Martin Mawardi.

Di gerbang tol Merak, antrean mobil mulai terjadi dan mengalami antrean sekitar 500 meter. Mayoritas antrean dipadati oleh mobil pribadi yang hendak menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Selain di gerbang tol Merak, kepadatan juga terjadi di gerbang tol Cikupa dari arah Jakarta menuju Merak. Antrean kendaraan mencapai 500 meter. "Kepadatan juga terjadi di pintu tol Cikupa dari arah Jakarta ke Merak, juga sama antrean kurang lebihnya 500 meter ke belakang," ujar Martin.

Di gerbang tol lain seperti Cilegon Timur, Serang Timur dan Cilegon Barat serta sejumlah gerbang tol lain terpantau masih normal hingga malam ini. Kepadatan dan antrean hanya terjadi di 2 gerbang tol yakni Cikupa dan Merak. "Kalau untuk kondisi yang lainnya masih normal masih tidak ada hambatan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,