Warga Palestina Terluka Bentrok Dengan Pasukan Israel

Warga Palestina Terluka Bentrok Dengan Pasukan Israel

Warga Palestina Terluka Bentrok Dengan Pasukan Israel

Jerusalem - Setidaknya seorang Palestina terluka Sabtu malam (15/11/2014) dalam bentrokan antara para demonstran dan pasukan keamanan Israel selama unjuk rasa di Yerusalem timur yang diduduki, kata polisi.
 
"Para demonstran melemparkan batu dan kembang api ke arah polisi, yang menggunakan langkah-langkah anti-gangguan untuk membubarkan mereka," kata juru bicara kepolisian, Luba Samri.
 
"Rupanya ada warga Palestina yang terluka," katanya.
 
Namun, sumber-sumber Palestina menyebutkan jumlah korban ada tiga, dan mengatakan satu orang dibawa ke rumah sakit setelah dipukul kepalanya.
 
Kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua, sebuah situs suci bagi orang-orang Muslim dan Yahudi, telah menjadi fokus bulan kerusuhan yang baru-baru ini menyebar ke Tepi Barat yang diduduki, dan masyarakat Arab di Israel dan menimbulkan kekhawatiran baru atas pemberontakan Palestina.
 
Palestina telah marah dengan kampanye sayap kanan Yahudi untuk haknya mereka melaksanakan ibadah di Masjid Al-Aqsa dan mengancam ultra-sensitif, status quo yang memungkinkan hanya Muslim saja untuk berdoa di sana.
 
Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan di Kamis dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Raja Yordania Abdullah II, bahwa status quo, yang memungkinkan orang-orang Yahudi bisa mengunjungi tetapi tidak berdoa, tidak akan berubah.
 
Pada Jumat, sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan di Amman, Israel mengangkat pembatasan-pembayasan ummat Muslim untuk beribadah di masjid suci itu.
 
Untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, pria dari segala usia diizinkan masuk untuk menunaikan sholat utama mingguan di Masjid Al-Aqsa. (AY)
.

Categories:Internasional,