Nadine Pascale Kaiser, Putri Menteri Susi Resmi Jadi WNI

Nadine Pascale Kaiser, Putri Menteri Susi Resmi Jadi WNI

Nadine Pascale Kaiser Pudjiastuti. (foto - Instagram)

Jakarta - Salah seorang putri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Nadine Pascale Kaiser Pudjiastuti  pada Kamis lalu, mengucapkan janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di hadapan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan keterangan dalam laman Kementerian Sekretaris Negara, Nadine yang lahir di Ciamis Jawa Barat 24 Juli 1994 itu, mantap mengucapkan sumpah janji setianya kepada Indonesia, didampingi sang ibu. Setelah ayah dan ibunya bercerai, Nadine ikut ayahnya ke Swiss.

Sebelumnya, permohonan Nadine menjadi warga negara Indonesia (WNI) telah dikabulkan oleh Presiden dengan Keputusan Presiden Nomor 8/PWI Tahun 2017 tanggal 25 April 2017.

Pengucapan sumpah itu sendiri merupakan prasyarat yang berlaku bagi semua warga negara asing, yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraanya menjadi WNI. Hal itu seperti tercantum dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia.

Selain itu, pada Pasal 14 ayat (2) dan ayat (3) dijelaskan, apabila tanpa alasan yang jelas pemohon tidak melakukan sumpah atau janji setia dalam waktu 3 (tiga) bulan sejak Keputusan Presiden dikirim kepada pemohon, maka Keputusan Presiden ini batal demi hukum.

Dengan begitu, Nadine Pascale Kaiser kini memiliki status resmi sebagai WNI, sehingga ia mendapatkan hak dan kewajiban yang sama dengan warga negara Indonesia lainnya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait