Teror Ledakan Bom Mobil Tewaskan Agen Intelijen Ukraina

Teror Ledakan Bom Mobil Tewaskan Agen Intelijen Ukraina

Agen Intelijen Ukraina tewas akibat teror serangan bom mobil yang meledak di Kota Kiev. (foto - Reuters)

Kiev - Seorang perwira militer berpangkat kolonel dilaporkan tewas, akibat teror bom mobil yang meledak di Kota Kiev Ukraina, Selasa waktu setempat. Otoritas setempat menduga, aksi itu sebagai bagian dari serangan terorisme.
 
Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/6/2017) meski negara itu sejak 2014 bermasalah dengan masalah separatis, serangan dengan bom mobil disebutkan sangat jarang terjadi.  Selain menewaskan seorang pejabat militer, ledakan bom itu juga melukai sejumlah pejalan kaki.
 
"Akibat ledakan tersebut, salah seorang perwira di Departemen Intelijen bernama Kolonel Maksim Shapoval tewas," kata Menteri Pertahanan Ukraina. Ledakan sejenis pernah terjadi pada Juli tahun lalu yang menewaskan seorang jurnalis bernama Pavel Sheremet. Pada saat itu ditemukan detonator di mobil sang jurnalis.
 
Sementara itu, AFP melansir, polisi mengatakan ledakan bom itu berasal dari sebuah mobil Mercedes Benz. Mobil yang meledak di Ibukota Ukraina terjadi sekitar pukul 08.00 GMT, yang menewaskan sopir dan meninggalkan sisa mobil yang hangus.
 
Insiden itu merupakan salah satu ledakan mematikan yang mengguncang kota. Menteri Pertahanan Ukraina Artem Shevchenko mengatakan, mengenai gambaran insiden tersebut menunjukkan aksi terorisme yang memang telah direncanakan.
 
Seperti diketahui, konflik antara Ukraina dengan separatis pro-Rusia telah berlangsung sejak April 2014. Lebih dari 10 ribu orang dilaporkan tewas dalam konflik ini.
 
Sebelumnya pada awal April, Wakil Ketua Departemen Konterintelijen Wilayah Donetsk Letnan Kolonel Oleksandr Kharaberiush tewas, dalam serangan bom mobil di Mariupol. Donetsk merupakan kota di Ukraina yang dikuasai separatis pro-Rusia sejak tahun 2014. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,