Claudio Bravo Jadi Pahlawan Gagalkan 3 Penalti Portugal

Claudio Bravo Jadi Pahlawan Gagalkan 3 Penalti Portugal

Claudio Bravo jadi pahlawan antarakan Chile melaju ke final Piala Konfederasi 2017 setelah mengagalkan tiga penalti Portugal. (foto - Getty Images)

Kazan - Sedikitnya tiga eksekusi penalti Portugal di babak adu penalti semifinal Piala Konfederasi 2017, berhasil digagalkan penjaga gawang Chile Claudio Bravo. Chile pun melaju ke partai final, setelah menggulingkan Portugal di Kazan Arena, Kamis (29/6/2017) dinihari WIB.
 
Portugal sebenarnya memulainya dengan membuat sejumlah peluang terutama di awal laga. Sepakan Andre Gomes dari luar kotak penalti, masih terlalu mudah untuk diamankan Bravo. Chile membalas dengan kans Eduardo Vargas menit 6. 
 
Umpan terobosan Alexis Sanchez diterima Vargas dan tinggal menghadapi kiper, hanya saja sontekannya terhalau Rui Patricio. Portugal pun langsung meresponsnya. Umpan Cristiano Ronaldo disambar Andre Silva yang berhadapan dengan Bravo. Namun, sepakannya terbaca dan berhasil ditepis. Sampai babak pertama usai, tak ada gol tercipta.

Memasuki babak kedua, Chile memulai dengan serangan bertubi-tubi, saat Jean Beausejour mengirimkan umpan silang dan ditanduk Arturo Vidal. Hanya saja Vidal gagal mengarahkannya ke gawang. Portugal balas mengancam lewat Ronaldo.
 
Menerima bola di sisi kiri, Ronaldo melepaskan sepakan keras yang dihalau saja oleh Bravo. Tempo terus melambat dan peluang-peluang berkurang. 90 menit laga berjalan, tak ada juga gol tercipta. Di babak tambahan, Chile lebih dulu menebar ancaman. 
 
Sanchez dalam posisi bebas saat menyambut umpan silang Mauricio Isla, namun tandukannya melebar tipis saja ke sisi kiri. Portugal beberapa kali menunjukkan potensi serangannya, tapi Chile yang lebih menjanjikan. Sepakan Vidal menit 119 menghantam tiang gawang. Bola pantul coba dicocor Martin Rodriguez, tapi membentur mistar gawang.

Pertandingan berlanjut dengan adu penalti. Chile memulai dengan baik lewat Vidal, yang berlanjut kedua penendang berikutnya yakni Charles Aranguiz dan Alexis Sanchez. 
 
Sebaliknya Portugal sudah gagal sejak awal. Sepakan Quaresma terbaca oleh Bravo, disusul dua tendangan lainnya oleh Joao Moutinho dan Nani yang juga bisa terhalau oleh kiper Manchester City itu. Chile pun ke final dan akan menghadapi pemenang antara Jerman melawan Meksiko.

Penalti Chile Vidal (gol), Aranguiz  (gol) dan Sanchez (gol). Sementara Penalti Portugal, Quaresma (gagal), Moutinho (gagal) dan Nani (gagal).

Susunan pemain:

Portugal: Patricio; Cedric, Fonte, Alves, Eliseu; Bernardo Silva (Quaresma 83'), William, Adrien Silva (Moutinho 102'), Andre Gomes (Martins 116'); Ronaldo, Andre Silva (Nani 76')

Chile: Bravo; Isla (Fuenzalida 120'), Medel, Jara, Beausejour; Aranguiz, Diaz, Hernandez (Silva 112'); Vargas (Rodríguez 86'), Sanchez, Vidal. (Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,