Obama Tiba di Istana Bogor Tanpa Penyambutan Khusus

Obama Tiba di Istana Bogor Tanpa Penyambutan Khusus

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Ny. Iriana Jokowi ketika berbincang dengan Barack Obama di beranda Istana Bogor, Jumat 30 Juni 2017. (foto - Twitter)

Bogor - Mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama tiba di Istana Kepresidenan Bogor Kota Bogor Jawa Barat, Jumat (30/6/2017). Dikawal mobil Paspampres, Obama masuk dari pintu utama Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 15.30 WIB.

Lalu lintas di Jalan Djuanda dan Jalan Sudirman sempat ditutup selama 30 menit untuk memprioritaskan iring-iringan Obama masuk ke Istana Bogor. Ratusan warga yang sudah menunggu sejak siang langsung berebut untuk mengabadikan foto, saat kedatangan mantan presiden negeri Paman Sam itu.

Setelah memasuki pintu Istana, warga kemudian membubarkan diri dengan tertib. Sementara arus lintas di sekitar lokasi kembali dibuka seperti biasa. Obama pun Obama langsung disambut Presiden Jokowi.

Mengenakan kemeja warna abu-abu, tak ada penyambutan khusus karena Obama datang atas undangan Presiden Jokowi, yang menyambut dengan mengenakan kemeja warna putih.

Turut menyambut Obama, Ibu Negara Iriana yang mengenakan kebaya merah bersama putra Jokowi, Kaesang Pangarep mengenakan kemeja putih. Sedangkan Menlu Retno Marsudi dan Mensesneg Pratikno menyambut Obama untuk pengisian buku tamu.

Di Bogor, Obama akan menikmati sajian di Kebun Raya Bogor dan menyantap hidangan di Grand Garden Cafe. Pihak Grand Garden Cafe mengaku sudah dihubungi Istana, untuk mempersiapkan beberapa menu makanan termasuk serabi dan es kelapa.

Sebelumnya, Obama tiba di Jakarta dengan pesawat jet jenis Gulfstream pada pukul 12.16 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyampaikan ucapan selamat datang bagi Obama.

"Saya mengucapkan selamat datang kembali di Jakarta bagi Pak Obama, selamat bernostalgia di Jakarta, semoga kerasan dan baik sekaligus bisa menikmati Jakarta yang sekarang masih agak lengang. Selamat menikmati Jakarta," kata Djarot.

Rencananya Obama berada di Jakarta selama 3 hari hingga 2 Juli 2017. Besok, Sabtu (1/7), Obama akan berpidato dalam Konvensi Diaspora Indonesia pada 1 Juli 2017 di Mal Kota Kasablanka. Obama akan berbicara tentang globalisasi dan pluralisme. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,