Helikopter Basarnas yang Jatuh di Temanggung Bawa 8 Orang

Helikopter Basarnas yang Jatuh di Temanggung Bawa 8 Orang

Helikopter Basarnas yang Jatuh di Temanggung Ditumpangi 8 Orang. (foto - Basarnas)

Temanggung - Helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas) yang jatuh di Desa Canggal, Kecamatan Candiroto Temanggung Jawa Tengah sudah ditemukan. Helikopter jenis Dauphin warna oranye itu ditumpangi delapan orang penumpang dan awak.

Menurut Deputi Operasional Basarnas Mayjen Heronimus Guru, pesawat tersebut terdiri atas 4 orang kru dan 4 kru penyelamat. "Ini helikopter baru layak untuk terbang. Penumpang delapan orang, maksimal bisa 10 orang," katanya, Minggu (2/7/2017).

Sejauh ini, ia membantah tak ada orang sipil di pesawat tersebut. Menurutnya, pesawat tersebut memang disediakan khusus untuk Lebaran tahun ini. Dan hari ini, terjadi letusan Kawah Sileri di Dieng. 

"Ini heli khusus lebaran. Karena hari ini ada kejadian letusan Kawah Sileri, sehingga diterbangkan untuk memberi bantuan di sana," katanya. Para pilot telah memiliki kualifikasi untuk menerbangkan helikopter itu, dan helikopter itu juga dipastikan sudah teruji.

Helikopter tersebut berencana akan memberikan bantuan evakuasi di Kawah Sileri Dieng yang meletus, jika masih ada wisatawan yang menjadi korban perlu dilakukan evakuasi. Tim basarnas pun langsung dikerahkan untuk mengevakuasi korban jatuhnya helikopter ke lokasi.

Disebutkan, sedikitnya ada sekitar 30 tim yang dikerahkan. Lokasi tempat jatuhnya helikopter berupa tebing, dan merupakan kawasan pegunungan Sindoro. Sejauh belum ada informasi terkait kondisi korban. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,