Bangkai Heli Basarnas Dibawa ke Jakarta untuk Investigasi

Bangkai Heli Basarnas Dibawa ke Jakarta untuk Investigasi

Bangkai helikopter Basarnas yang menabrak tebing Gunung Butak di Desa Canggal Temanggung Jawa Tengah

Jakarta - Sebagian bangkai helikopter Basarnas yang menabrak tebing Gunung Butak di Desa Canggal Temanggung Jawa Tengah, telah dievakuasi untuk segera dilakukan investigasi.

Menurut Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, beberapa komponen penting dari bangkai helikopter Basarnas telah dievakuasi. Setelah dikumpulkan, nanti akan dibawa ke laboratorium di Jakarta untuk diteliti.

"Sudah mulai dievakuasi dari tadi pagi, sudah dipilih-pilih mana yang akan dibawa harus hati-hati karena untuk peneilitan lebih lanjut. Nanti akan dibawa ke Jakarta," kata Soerjanto Senin (3/7/2017).

Menurutnya, komponen yang terlebih dulu akan dievakuasi yaitu mesin, baling-baling dan black box. Sedangkan komponen lainnya akan diangkut menyusul.

Investigasi komponen heli tersebut akan dilakukan segera setelah komponen heli tiba di laboratorium KNKT di Jakarta. "Investigasi setelah tim balik dari Temanggung bawa barang yang penting langsung akan diteliti," kata Soerjanto.

Seperti diketahui, kecelakaan helikopter Basarnas mengakibatkan 8 orang meninggal dunia. Para kru yang jadi korban, yakni Kapten Laut (P) Haryanto, Kapten Laut (P) Li Solihin, Serka Mpu Hari Marsono dan Peltu LPU Budi Santoso.

Sedangkan tim Basarnas yang menjadi korban, yakni Maulana Afandi, Nyoto Purwanto, Budi Resti dan Catur Bambang Sulistio. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,