Gubernur Padang Tegur SKPD Rapat di Hotel

Gubernur Padang Tegur SKPD Rapat di Hotel

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. (Foto: Net)

Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, pemerintah provinsi akan menegur keras satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tetap menggelar kegiatan di hotel jika kegiatan tersebut hanya membutuhkan waktu pelaksanaan satu hari kerja saja.

"Kita tidak pernah membenarkan pelaksanaan kegiatan SKPD di hotel jika hanya satu hari. Kalau ada silahkan informasikan dan akan kita tegur," kata dia di Padang, Senin (17/11/2014).

Menurut dia, Pemprov Sumbar mendukung wacana efisiensi anggaran oleh Pemerintah Pusat, termasuk wacana pelarangan kegiatan di hotel bagi PNS.

"Kita mendukung penuh kebijakan Pemerintah Pusat tersebut, apalagi selama ini kita di Sumatera Barat sudah melaksanakan efisiensi," kata dia.

Namun menurut Gubernur, pihaknya sampai saat ini masih belum menerima surat resmi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemen PAN dan RB) terkait pelarangan itu.

"Kita menunggu surat resmi dari Kementerian," kata dia.

Menurut Irwan, kemungkinan wacana yang diapungkan oleh Kemen PAN RB itu bukanlah pelarangan, tetapi pembatasan karena ada sejumlah kegiatan yang dilakukan dengan mengundang pihak kabupaten dan kota. Kegiatan itu juga membutuhkan waktu lebih dari satu hari sehingga peserta harus menginap.

"Situasi seperti ini harusnya menjadi pertimbangan juga," kata dia.

Iklim investasi terutama di bidang perhotelan menurut dia juga harus menjadi pertimbangan, karena kegiatan pemerintahan juga menjadi salah satu pemasukan bagi pihak hotel.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) Yuddy Chrisnandi masih memperbolehkan ada kementerian/lembaga negara dan pemerintah daerah yang menggelar rapat di hotel hingga akhir November, namun lewat dari itu akan diberi sanksi.

Dia mengatakan, telah melayangkan surat edaran Men-PANRB yang menginstruksikan mulai Desember 2014 tidak ada lagi rapat di hotel. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,