Polisi Jerman Bubarkan Ratusan Pendemo Protes KTT G-20

Polisi Jerman Bubarkan Ratusan Pendemo Protes KTT G-20

Polisi semprotkan merica dan water cannon untuk membubarkan demonstran antiG-20 di Hamburg. (foto - Reuters)

Hamburg - Kepolisian Jerman membubarkan secara paksa ratusan demonstran anti-G-20, yang berkumpul di Kota Hamburg pada Selasa 4 Juli 2017 malam waktu setempat. Pembubaran tersebut hanya berselang beberapa hari sebelum gelaran KTT G-20, yang dijadwalkan diadakan di kota itu.

Dilansir The Local, Rabu (5/7/2017) polisi merobohkan tenda-tenda yang didirikan oleh para demonstran di Distrik Alton. Tenda itu dipersiapkan oleh para pengunjuk rasa sebagai tempat tinggal mereka hingga dimulainya KTT G-20. "Ini bukan unjuk rasa yang legal, tapi berkemah tanpa izin," sebut juru bicara Kepolisian Hamburg.

Merespons dari ratusan demonstran yang memulai memblokir jalan, polisi akhirnya menggunakan semprotan merica dan water cannon, untuk membubarkan para pengunjuk rasa. Akibat insiden itu, seorang pejalan kaki menderita luka dengan satu orang ditahan.

Dilaporkan juga, puluhan ribu demonstran diperkirakan akan mengadakan unjuk rasa di Hamburg, sebagai bentuk perlawanan mereka terhadap globalisasi, keserakahan perusahaan dan kegagalan negara-negara untuk mengatasi perubahan iklim.

Sementara otoritas Jerman menduga, ada sekitar 8.000 demonstran yang siap menggunakan kekerasan dalam aksi mereka. Demi pengamanan G-20, setidaknya akan ada 20 ribu anggota polisi yang dikerahkan di Hamburg. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,