Pemkot Bandung Segera Atasi Lautan Sampah Cibangkong

Pemkot Bandung Segera Atasi Lautan Sampah Cibangkong

Tumpukan Sampah di Jalan Babakan Garut Kelurahan Cibangkong Bandung. (foto - @pdkebersihanbdg)

Bandung - Sudah sekitar 10 tahun terakhir ini lautan sampah di kawasan Babakan Garut  RT 03 RW 10 Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal dikeluhkan warga setempat. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun berjanji segera membereskannya dengan menyediakan dua bak kontainer.
 
"Kami akan kerahkan dua bak kontainer untuk menampung sampah yang diangkut dari lahan tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Salman Fauzi yang langsung mendatangi lokasi, Rabu (5/7/2017).
 
Menurutnya, persoalan ini tentu akan menjadi perhatian serius aparat kewilayahan maupun Pemkot Bandung. Selain menurunkan dua bak kontainer, pihaknya juga akan mengerahkan sedikitnya 200 petugas gorong-gorong bersih (Gober) Kecamatan Batununggal.
 
Nantinya, ratusan petugas tersebut yang akan mengangkut sampah dari lahan ke dua bak kontainer itu. Sedangkan petugas lainnya menggunakan motor triseda untuk memindahkan secara bertahap sampah ke truk untuk dibuang ke TPA Sarimukti.
 
"Sedikitnya 200 gober kecamatan akan dikerahkan, termasuk motor triseda untuk mobile. Mudah-mudahan bisa cepat terselesaikan," katanya. Untuk itu, pihaknya meminta aparat kewilayahan mengatur skema pembuangan sampah, sehingga persoalan serupa tak kembali terulang.
 
Ia mengatakan, alternatif yang bisa dilakukan aparat kewilayahan itu mengarahkan warga untuk membuang sampahnya ke beberapa RW yang memilik TPS. Selain itu, petugas pembersih juga bisa jemput bola ke rumah warga.
 
"Sebetulnya di sini ada TPS di RW 11, tapi masyarakat kurang sadar. Kalau ada kesulitan males ke TPS, bisa jemput bola. Intinya bisa terselesaikan. Kami juga minta pemilik lahan nanti menutup lahan ini, agar tidak digunakan lagi untuk tempat pembuangan sampah," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,