Ratusan Ribu Warga Mengungsi, Banjir & Longsor di Jepang

Ratusan Ribu Warga Mengungsi, Banjir & Longsor di Jepang

Ratusan ribu warga Jepang mengungsi meninggalkan tempat tinggal mereka akibat hujan deras dan sungai yang meluap yang menimbulkan banjir hebat. (foto - AFP)

Tokyo - Hampir 400 ribu warga Jepang mengungsi meninggalkan tempat tinggal mereka, akibat hujan deras dan sungai yang meluap. Warga di dua prefektur di Jepang terpaksa tinggal di lokasi penampungan sementara, yang telah disediakan pemerintah.

"Sejumlah sungai meluap yang disertai tanah longsor. Situasi itu bisa menyebabkan kerusakan dalam skala besar. Perdana Menteri (PM) telah memerintahkan kami untuk tetap mengendalikan situasi,” kata Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

Dilansir Straits Times, Kamis (6/7/2017) di Prefektur Fukuoka misalnya, sekitar 375 ribu orang diperintahkan untuk mengungsi karena sungai yang meluap menimbulkan ancaman banjir ke rumah warga. Sementara di Prefektur Oita, 21 ribu warga telah diperintahkan meninggalkan rumah mereka.

Warga yang meninggalkan rumah untuk sementara tinggal ditampung di pusat evakuasi di sekolah-sekolah dan gedung pemerintah, yang berlokasi di lahan yang lebih tinggi. Pasukan Bela Diri Jepang telah merespons permintaan dari kedua prefektur tersebut, untuk turut membantu dalam mengatasi banjir.

Hujan deras diprediksi masih akan terus mengguyur hingga Kamis 6 Juli waktu setempat. Hujan deras yang mengguyur Jepang kali ini merupakan akhir dari sistem badai, yang menyebabkan banjir parah dan menewaskan 56  orang di daratan Cina selatan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,