Gedung Legislatif Diserbu Lukai Anggota Parlemen Venezuela

Gedung Legislatif Diserbu Lukai Anggota Parlemen Venezuela

Sejumlah anggota parlemen terluka setelah gedung legislatif Venezuela diserbu massa. (foto - Getty Images)

Caracas - Sejumlah kelompok massa pro pemerintah di Venezuela menyerbu masuk ke gedung Majelis Nasional, dan melukai sejumlah anggota dewan dan jurnalis. Keributan itu terjadi saat Kongres Venezuela menggelar sesi khusus, untuk memperingati Hari Kemerdekaan Venezuela.

Seperti dilaporkan Guardian, Kamis (6/7/2017) empat politisi Venezuela mengalami luka-luka dalam kejadian tersebut. Video televisi memperlihatkan dua anggota parlemen dari pihak oposisi dalam keadaan terluka, dengan darah yang mengalir di wajah mereka.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi mata, selama serangan berlangsung sejumlah suara ledakan terdengar. Diduga berasal dari kembang api dan petasan yang dilemparkan ke dalam kompleks legislatif. Serangan itu terjadi di hadapan anggota pasukan garda nasional Venezuela, yang ditugaskan untuk melindungi gedung parlemen.

Venezuela yang memperingati hari kemerdekaannya dari Spanyol pada 5 Juli, telah dilanda krisis yang cukup parah. Dalam tiga bulan terakhir ini, sejumlah demonstrasi yang dilakukan massa anti-pemerintah, berakhir dengan kerusuhan dan korban jiwa.

Massa menuduh Pemerintahan Presiden Nicolas Maduro sedang membangun sebuah kediktatoran, dengan memenjarakan lawan-lawan politiknya dan berusaha menulis kembali undang-undang. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,