Enam Penumpang Tewas, Kapal Rombongan Pengantin Terbalik

Enam Penumpang Tewas, Kapal Rombongan Pengantin Terbalik

Kapal rombongan pengantin terbalik perairan Pulau Salebbo Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan menewaskan enam penumpang. (foto - ist)

Makassar - Kapal kayu (jolloro) yang berkekuatan 4 GT terbalik di tengah perairan Pulau Salebbo, Desa Mattiro Wallie Kecamatan Liukkang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Kapal itu baru setengah jam berlayar setelah lepas dari Pulau Samatellu menuju Pelabuhan Maccini Baji, atau sekitar 60 kilometer dari Kota Makassar.

Sebanyak enam penumpang di antaranya telah meninggal dunia, dari sebanyak 22 penumpang. Sebanyak 12 orang ditemukan selamat, dan empat orang masih dalam pencarian tim SAR. Para penumpang tersebut adalah rombongan pengantar pengantin.

Menurut Kepala Basarnas Makassar Amiruddin, laporan kecelakaan kapal itu diterima pukul 17.40 Wita, kejadiannya sendiri diperkirakan pukul 16.30 Wita. Sekitar 10 menit setelah menerima laporan, tim langsung diturunkan sebanyak 37 personel bergerak bersama kapal Basarnas, KM Antasena menuju lokasi kejadian. Peralatan yang dibawa, dua unit perahu karet dan dua unit speed boat.

Disebutkan, enam penumpang korban kapal terbalik yang ditemukan telah meninggal dunia, yakni Rasmawati (52), Muyanti (23), Nurafausiah (17), Ramallah (45), Mulyanti (20) dan satu lagi belum diketahui identitasnya. Lima korban jiwa yang teridentifikasi tersebut sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangkep.

"Penyebab kapal terbalik karena terjadi ketidakseimbangan kapal. Sebenarnya tidak over kapasitas karena kapal kecil seperti itu masih bisa muat sampai 30 orang. Hanya saja saat di pertengahan jalan, beberapa penumpang langsung naik ke atas atap kapal, hingga membuat kapal oleng tak terkendali dan akhirnya terbalik," katanya.

Disebutkan, mereka yang ditemukan meninggal dunia tersebut yang tidak berenang. Sedangkan yang ditemukan selamat mereka yang ditolong oleh kapal-kapal kayu lainnya yang melintas, masih rombongan dari pengantar pengantin," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,