Warga Lembang Cium Bau Belerang Tangkubanparahu

Warga Lembang Cium Bau Belerang Tangkubanparahu

Wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu tak pernah surut. (foto - ist)

Bandung - Warga khususnya yang tinggal di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat mencium bau gas Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, sejak beberapa hari terakhir ini.

Meski begitu, Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan, aktivitas Gunung Tangkubanparahu masih dalam taraf normal.

Berdasarkan penuturan sejumlah warga, bau telur busuk, gas belerang atau uap batu mulai terdeteksi sejak sekitar tiga hari terakhir ini. Bau tersebut terutama tercium pada pagi hari, sekitar pukul 06.00 - 07.00 WIB. "Dua hari lalu terasa bau belerang," kata warg, Rabu (5/7/2017).

Menurutnya, selama ini bau belerang tak pernah ia rasakan, karena Gunung Tangkubanparahu memang berjarak lebih dari 10 kilometer. "Baru tiga hari ini saja. Biasanya enggak tercium, karena di sini lumayan jauh dari Tangkubanparahu," katanya.

Warga pun cukup merasa khawatir, takut kalau-kalau Tangkubanparahu meletus. Apalagi di Dieng juga baru saja meletus. "Yang namanya alam kan enggak bisa diperkirakan. Namun, ya enggak sampai khawatir terlalu berlebihan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,