Pesawat AMA Jatuh di Papua Ditemukan, Lima Orang Tewas

Pesawat AMA Jatuh di Papua Ditemukan, Lima Orang Tewas

Pesawat AMA yang jatuh dalam penerbangan dari Wamena - Denekmedi Papua ditemukan, lima penupang dinyatakan meninggal dunia. (foto - ist)

Jayapura - Pesawat nahas jenis Pilatus PK-RCX milik Maskapai Penerbangan AMA (Associated Mission Aviation) yang jatuh di sekitar Gunung Napua, Kampung Walait Kabupaten Jayawijaya Papua ditemukan. Seluruh kru baik pilot, co pilot dan tiga orang penumpang, dinyatakan meninggal dunia.

"Saya baru mendapatkan kabar, korban kecelakaan tersebut semuanya meninggal dunia," kata Direktur AMA (Associated Mission Aviation) Djarot Soetanto, Kamis (6/7/2017).

Menurutnya, pihaknya akan melakukan evakuasi dari tempat kejadian perkara (TKP) ke rumah sakit, yang mendukung asuransi bagi korban. "Tengah dilakukan evakuasi dengan menggunakan helikopter, setelah itu akan dilakukan sesuai prosedur untuk asuransi, sehingga tidak kesulitan nantinya saat dilakukan klaim," katanya.

Ia mengakui, upaya evakuasi peran masyarakat setempat sangat dibutuhkan. Pasalnya masyarakat juga turun tangan dalam evakuasi korban. "Masyarakat di sana membantu evakuasi jenazah ke helikopter, tentunya kita sangat berterima kasih atas ini," katanya.

Mengenai jenazah, petugas akan menerbangkan ke Wamena ataupun ke Sentani Kabupaten Jayapura. Mereka adalah warga di sana, sedangkan untuk jenazah pilot dan co pilot akan diterbangkan ke Sentani Jayapura.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Papua mengirim tim disaster victim identification (DVI) dari RS Bhayangkara ke Wamena, untuk mengidentifikasi korban.

Menurut Kabid Dokkes Polda Papua Kombes drg. Ramon, tim yang berjumlah empat orang itu saat ini sudah berada di RS Wamena untuk mengidentifikasi para korban. Tim DVI yang dikirim itu salah satunya ahli forensik, dan akan melakukan identifikasi guna mengungkap identitas jenazah yang sudah dievakuasi.

Tentang adanya korban yang sudah berhasil diidentifikasi, Kombes Ramon mengatakan, memang benar telah ada korban yang berhasil diidentifikasi. "Namun siapa nama korban yang sudah diidentifikasi belum dilaporkan secara lengkap,” katanya.

Seperti diketahui, pesawat nahas dengan nomor penerbangan PK-RCX mengalami musibah dalam penerbangan dari Wamena-Denekme, Rabu 5 Juli mengangkut lima penumpang dan kru.

Nama-nama tujuh orang penumpang termasuk dua kru, yakni pilot Mouder Wauters dan copilot Ido Naibaho. Tiga penumpang pesawat nahas itu masing-masing Don, Serabut dan Ondomget. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,