Filipina Diguncang Gempa 6,5 SR Tak Ada Ancaman Tsunami

Filipina Diguncang Gempa 6,5 SR Tak Ada Ancaman Tsunami

Filipina Tengah digoyang gempa berkekuatan 6,5 SR tak ada ancaman tsunami.

Manila - Wilayah bagian tengah Filipina diguncang gempa berkekuatan 6,5 pada skala Richter (SR), Kamis (6/7/2017). Meski guncangan cukup besar, tak ada kerusakan berarti yang dilaporan warga. Badan Peringatan Tsunami Pasifik pun mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan laporan Badan Geologi Amerika Serika (USGS) pusat gempa dilaporkan berada pada kedalaman 6 kilometer di Pulau Leyte. Sejumlah warga menyatakan, guncangan gempa terasa hingga Tacloban, namun tak ada bangunan yang rusak.

Tacloban sendiri pernah dilanda topan besar Haiyan pada November lalu. Kota itu juga pernah didera tsunami yang menewaskan 7.350 orang. "Gempa jauh dari sini, kami tidak apa-apa," kata warga.

Disebutkan, guncangan kuat juga dirasakan warga Kota Cebu, sebagai kota terbesar yang juga terletak di tengah Filipina. Namun, tak ada kerusakan besar akibat gempa tersebut. "Rasanya begitu kuat sampai jatuh," kata Tano, salah satu warga di Cebu.

"Saya melihat bus dan kendaraan lainnya berhenti di jalan raya. Para penumpang turun dari kendaraan mereka". Februari lalu, gempa berkekuatan 6,5 SR juga mengguncang Filipina, tepatnya kota Surigao. Bencana alam itu menewaskan delapan orang dan 250 lainnya terluka.

Pada Oktober 2013, gempa berkekuatan 7,1 SR melanda Filipina, menewaskan lebih dari 220 orang. Gempa paling mematikan itu juga menghancurkan bangunan bersejarah di negara Asia Tenggara itu.

Filipina terletak dalam cincin api Pasifik, sebuah wilayah di Samudera Pasifik yang dikelilingi oleh sejumlah lempeng aktif, yang menyebabkan rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,