22 Kawah di Dataran Tinggi Dieng yang Perlu Diwaspadai

22 Kawah di Dataran Tinggi Dieng yang Perlu Diwaspadai

Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng. (foto - blog)

Jakarta - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, sedikitnya terdapat 22 kawah yang perlu diwaspadai aktivitasnya di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah. Salah satu kawah yang dianggap paling berbahaya, yakni Kawah Timbang yang sempat meletus dan mengeluarkan gas beracun sangat berbahaya.
 
"Sedikitnya ada 22 kawah di kawasan Dataran TInggi Dieng yang berbahaya, dan kawah yang paling maut adalah Kawah Timbang," sebut Kabid Mitigasi Gerakan Tanah Badan Geologi ESDM, Agus Budianto di Kantor BPH Migas Jakarta Selatan.

Badan Geologi Kementerian ESDM pun terus melakukan pemantauan terhadap kawah-kawah yang berpotensi meletus di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dan akan memberikan informasi jika ada ancaman bahaya. Berbeda dengan Kawah Seleri yang baru saja meletus, Kawah Timbang berisi gas beracun, sedangkan Kawah Seleri berisi air.

"Kita terus memantau, dan kita sudah punya database jika energinya masih normal. Untuk memandu masyarakat kita menerbitkan peta rawan bencana," kata Agus.

Selain Kawah Timbang, beberapa kawah lainnya yang juga menjadi perhatian Badan Geologi di Dataran Tinggi Dieng adalah Kawah Simela, Kawah Sileri hingga Kawah Sikidang. Kawah-kawah tersebut berada di dalam satu area yang sama. 

Sejauh ini, pihaknya merekomendasikan kepada wisatawan untuk tidak berdiri terlalu dekat dengan bibir kawah. Sedikitnya dibutuhkan 100 meter dari bibir kawah yang aktif, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,