Puing Pesawat AMA yang Jatuh di Gunung Napua Wamena

Puing Pesawat AMA yang Jatuh di Gunung Napua Wamena

Pesawat jenis Pilatus PC6 B2-H4 PK-RCK milik Maskapai Penerbangan AMA yang jatuh di Gunung Napua Wamena Papua seluruhnya hancur. (foto - ist)

Jayapura - Pesawat jenis Pilatus PC6 B2-H4 PK-RCK yang jatuh di Gunung Napua Wamena Papua seluruhnya hancur. Pesawat milik Maskapai Penerbangan Associated Mission Aviation (AMA) itu jatuh, dalam penerbangan dari Wamena menuju kampung Darakma, Distrik Mam Kabupaten Nduga Papua, Rabu 5 Juli 2017.

Tim Basarnas yang dibantu masyarakat setempat berhasil mengevakuasi terhadap lima korban. Sedangkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan penyidikan atas jatuhnya pesawat tersebut.

"Pesawat jatuh menukik, kemudian tertahan oleh pepohon, sehingga pesawat tidak meledak dan korban masih utuh. Hanya saja anggota badan korban patah-patah," kata Direktur PT AMA Papua Djarot Soetanto, Kamis (6/7/2017).

Posisi pesawat berada di kemiringan dan badan pesawat separo hancur terutama bagian depan. Sedangkan bagian belakang badan pesawat tampak masih utuh, meski sudah 'tercabik-cabik'. Sementara itu kedua sayap pesawat tampak hancur.

Di sekitar bangkai pesawat tampak barang-barang yang diangkut ketika terbang. Terdiri atas beras 355 kg, minyak goreng 20 kg, daging ayam 15 kg, barang campuran 78 kg, mie instan 25 kg dan tas penumpang 15 kg. Pesawat itu diketahui tidak memiliki black box (kotak hitam).

"Pesawat jenis berbadan kecil tersebut tidak memiliki kotak hitam, penyebab kecelakaan hanya dapat diketahui dari rekaman hasil pembicaraan pilot dengan ATC Bandara," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,