Bentrokan Saat Pembukaan KTT G20 Ratusan Polisi Terluka

Bentrokan Saat Pembukaan KTT G20 Ratusan Polisi Terluka

Demonstran antikapitalisme gencar beraksi saat Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 resmi dibuka di Hamburg Jerman. (foto - Associated Press)

Hamburg - Ketika Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 resmi dibuka di Hamburg Jerman, demonstran antikapitalisme makin gencar beraksi. Aksi kekerasan dilakukan demonstran dengan membakar objek yang ada di sekitarnya, mulai dari mobil, barikade hingga keranjang sampah.
 
Dilansir Reuters, Jumat (7/7/2017) kepolisian Hamburg menyatakan, aksi kekerasan yang mewarnai unjuk rasa di Hamburg sejak Kamis waktu setempat, berlanjut hingga Jumat pagi waktu setempat. Bentrokan demonstran dengan polisi juga mewarnai unjuk rasa tersebut.
 
Demonstran berusaha melakukan aksi yang mengganggu jalannya KTT. Kepolisian menyebut, demonstran nekat menggembosi ban mobil milik delegasi KTT G20 asal Kanada, dan memecahkan kaca gedung Konsulat Mongolia. Setidaknya 29 demonstran ditangkap terkait aksi kekerasan itu.
 
Sedangkan jumlah polisi yang mengalami luka-luka setelah bentrok dengan demonstran bertambah menjadi 111 personel. Dengan tiga polisi di antaranya sampai harus menjalani perawatan medis di rumah sakit.
 
Juru bicara kepolisian setempat menyatakan, hanya sejumlah kecil demonstran anarkis yang terlibat dalam aksi kekerasan itu. Mayoritas 100 ribu demonstran melakukan aksinya dengan damai di Hamburg, yang tengah menjamu para pemimpin dunia.
 
Polisi menyebutkan, sekitar 12 ribu demonstran ikut serta dalam unjuk rasa utama di Hamburg. Sekitar 15 ribu polisi dikerahkan untuk mengawal jalannya unjuk rasa. Jumlah personel kepolisian yang dikerahkan untuk mengawal unjuk rasa diharapkan ditambah.
 
Hal itu dilakukan setelah polisi menyadari situasi di jalanan Hamburg ternyata lebih rumit dari perkiraan. "Kami telah meminta secara nasional, jika personel kepolisian tersedia dan permintaan itu sedang dikaji," kata juru bicara kepolisian Hamburg.
 
Disebutkan kepolisian Hamburg, sekelompok kecil demonstran menyerang beberapa mobil patroli polisi. Salah satu mobil patroli dilempari bom molotov. Sedangkan satu helikopter polisi yang sedang patroli, nyaris terkena suar. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,