Puluhan Rumah Kawasan Padat di Pontianak Ludes Terbakar

Puluhan Rumah Kawasan Padat di Pontianak Ludes Terbakar

Sebanyak 26 rumah di Jalan Parit Makmur Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara Kalimantan Barat ludes terbakar, Senin 17 Juli 2017. (foto - ist)

Pontianak - Sedikitnya 26 rumah di kawasan padat penduduk Jalan Parit Makmur, Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara Kalimantan Barat ludes terbakar, Senin (17/7/2017). Puluhan rumah permanen tersebut terletak di tiga gang pada tiga RT.

Kapolsek Pontianak Utara, Kompol Ridho Hidayat menjelaskan, saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab asal api. "Sejumlah saksi masih kami mintai keterangan," katanya. Rumah yang pertama terbakar adalah rumah milik Akong (48), di Gang Sukses 2, RT 003 RW 040 sekitar pukul 03.00 WIB.

"Awalnya, Akong dan Rohani (istrinya) terbangun sekitar jam setengah tiga subuh hendak buang air kecil. Kemudian, mereka melihat api yang menyala dari lantai atas rumah mereka," katanya.

Mengetahui ada api, ia dan istrinya membangunkan anak-anaknya dan berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri, dan meminta pertolongan kepada warga sekitar. Karena keberadaan rumah di gang itu berdekatan, atau dinding ketemu dinding, maka api mudah merembet.

Di Gang Sukses 2 itu ada delapan rumah yang hangus terbakar. Kemudian api merambat ke Gang Teluk Jamrud 1, RT 001 RW 037. Di sana 10 rumah juga hangus. Lalu merambat lagi di Gang Sukses 1, RT 005 RW 67 dan membakar delapan rumah.

Menurut Ridho, api baru bisa dijinakkan puluhan mobil pemadam kebakaran sekitar jam 07.00 WIB. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Sedangkan untuk kerugian material belum dapat diperhitungkan, masih diselidiki," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,