Diguyur Hujan 12 Jam Jalan di Istanbul Berubah Jadi Sungai

Diguyur Hujan 12 Jam Jalan di Istanbul Berubah Jadi Sungai

Banjir di Istanbul menjadikan jalanan di wilayah pusat kota berubah menjadi sungai. (foto - Gazette-Journal)

Istanbul - Warga Kota Istanbul Turki harus menerima tantangan ketika akan beraktivitas. Pasalnya, sejumlah besar jalanan di wilayah pusat kota terendam banjir cukup parah, akibat diguyur hujan deras selama 12 jam, Selasa waktu setempat.

Dari sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial, tampak jalanan di Istanbul itu berubah menjadi sungai. Masyakarat terpaksa harus meninggalkan kendaraan mereka yang mulai tenggelam, akibat tingginya genangan banjir.

Seperti dilaporkan BBC, Rabu (19/7/2017) banjir juga menggenangi sejumlah stasiun kereta bawah tanah. Seorang pengguna mengunggah video air yang sedang mengalir dan menggenangi rel kereta. Bahkan, air terlihat turun dari tangga layaknya seorang penumpang.

Otoritas Istanbul mengimbau warga untuk tidak meninggalkan rumah, jika tidak ada kegiatan yang sifatnya wajib. Berdasarkan keterangan Kementerian Kehutanan dan Perairan Turki, curah hujan yang biasanya mengguyur Turki selama satu tahun penuh, terjadi hanya dalam waktu 12 jam.

Tingginya curah hujan itu diyakini sebagai pemicu musibah banjir di Istanbul. Meski begitu, sejumlah warga justru menjadikan musibah banjir itu sebagai bahan lelucon di media sosial. Seorang pengguna Twitter menyarankan warga menggunakan pakaian selam, agar bisa selamat sampai ke tempat tujuan di tengah kepungan banjir. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,