Susi Pujiastuti Dapat Gelar Kehormatan 'Wadonna Pinunjul'

Susi Pujiastuti Dapat Gelar Kehormatan 'Wadonna Pinunjul'

Upacara pemberian gelar kehormatan "Wadonna Pinunjul" kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti. (foto - ist)

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti menerima gelar kehormatan dan pengakuan dari masyarakat adat Tatar Sunda. Gelar kehormatan yang disandang wanita asal Pangandaran tersebut, yakni "Wadonna Pinunjul".

Diringi musik khas Sunda yang mengalun di ruang aula utama Gedung Minabahari III Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta, dengan mengenakan kebaya serba hitam dengan rok selendang merah, Susi menerima kehormatan itu, Rabu (19/7/2017).

Wadonna Pinunjul adalah gelar yang diberikan kepada perempuan yang dianggap unggul, atas kiprahnya menjaga kelestarian alam khususnya laut. Gelar itu diberikan demi memperkuat kiprah Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ke depan. "Sampurasun," kata Susi ketika maju ke atas panggung untuk menerima gelar tersebut.

Secara serentak salam khas Sunda dari puluhan anggota dewan adat Sunda yang mengenakan setelan baju hitam tersebut, menjawab "Rampes".

Susi yang menerima gelar kehormatan tersebut merunduk dalam beberapa saat, untuk dikalungi selendang hijau, sebelum sebuah ikat kepala biru melingkar di kepalanya. Musik khas Bumi Parahyangan bersamaan dengan doa wejangan berbahasa Sunda, turut mengiringi prosesi pengakuan gelar adat tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,