3 Kali Erupsi, Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik

3 Kali Erupsi, Sinabung Kembali Semburkan Abu Vulkanik

Tiga kali mengalami erupsi, Gunung Sinabung kembali semburkan abu vulkanik setinggi 3,5 km. (foto - Getty Images)

Medan - Gunung Sinabung di Kabuaten Karo Sumatera Utara (Sumut), kembali erupsi besar sebanyak tiga kali. Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, erupsi terkakhir terjadi pada Kamis 20 Juli 2017 sekitar pukul 23.00 WIB.
 
Kepala Pos PGA Sinabung Armen Putra mengatakan, pada hari Kamis terjadi 3 kali erupsi Sinabung dengan masing-masing erupsi mengeluarkan abu vulkanik setinggi 3.500 meter atau 3,5 kilometer.
 
Erupsi yang terjadi pada hari Kamis terjadi pada pukul 07.00 WIB, 17.46 WIB dan 23.00 WIB. Abu vulkanik yang dikeluarkan saat erupsi itu mengarah ke timur-tenggara.
 
"Untuk ke depannya kita belum tahu. Pastinya jika aktivitasnya tinggi, ya kemungkinan erupsi tersebut akan berlangusng lama," kata Armen, Jumat (21/7/2017).
Menurut, pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG - Badan Geologi.
 
"Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung," imbau Armen. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,