BMKG Deteksi Enam Titik Panas Terpantau di Provinsi Riau

BMKG Deteksi Enam Titik Panas Terpantau di Provinsi Riau

Kondisi Karhutla di Desa Lukit Pulau Padang, Riau sejauh ini kobaran api pun belum dapat dipadamkan. (foto - @Sutopo_BNPB)

Pekanbaru - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sedikitnya terdapat enam titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan, dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di Provinsi Riau, Selasa (25/7/2017).

"Titik panas terpantau di lima Kabupaten di Riau," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru. Enam titik panas yang dideteksi satelit Terra dan Aqua itu, masing-masing terpantau di Bengkalis, Kuantan Singingi, Siak, Indragiri Hulu dan dua titik lainnya di Kabupaten Pelalawan.

Dari enam titik panas tersebut, dua di antaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen. "Dua titik api terpantau di Bengkalis dan Pelalawan," sebutnya.

Secara keseluruhan, BMKG mendeteksi sebanyak 46 titik panas di Pulau Sumatera. Selain enam titik panas di Riau, juga terpantau di Bengkulu terdapat empat titik, Jambi delapan titik serta Lampung ada sembilan titik.

Disebutkan, titik panas juga terpantau di Sumatera Barat hingga tujuh titik, Sumatera Selatan tiga titik, Sumatera Utara empat titik dan Bangka Belitung lima titik. Keberadaan titik-titik panas di Pulau Sumatera dan Provinsi Riau, terus terpantau sejak awal pekan ini.

Satuan tugas (Satgas) penanggulangan Karhutla Riau terus meningkatkan koordinasi, guna mengatasi titik-titik panas. Pemprov Riau sejak awal tahun telah mengambil tindakan cepat, dengan menetapkan status siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Status tersebut telah diperpanjang hingga November 2017 mendatang. Kini pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah membantu provinsi Riau dengan mengerahkan lima pesawat helikopter pengebom air jenis Sikorsky, MI-171 dan MI-172.

Helikopter tersebut selama ini menjadi andalan bagi Pemerintah Provinsi Riau, yang tergabung dalam Satgas Karhutla dalam menanggulangi titik-titik api tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,