Pelaku Penganiayaan Almarhum Ricko Andrean Ditangkap

Pelaku Penganiayaan Almarhum Ricko Andrean Ditangkap

Para pelaku yang diduga pengeroyok bobotoh Persib almarhum Rico Andrean di Mapolrestabes Jalan Jawa Kota Bandung. (foto - Twitter)

Bandung - Salah seorang pelaku pengeroyokan bobotoh Persib Bandung almarhum Ricko Andrean Maulana (22), berhasil ditangkap jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung. Pengeroyok itu ditangkap bersama empat pelaku penyebar ujaran kebencian dan medsos, yang di antaranya masih berstatus pelajar.

Menurut Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, lima pelaku tersebut masing-masing berinisial FG, A, G, E dan SL. "Mereka ditangkap pada Minggu 30 Juli," kata Hendro di Mapolrestabes Jalan Jawa Kota Bandung, Selasa (1/8/2017).

Hendro Pandowo menjelaskan, selain melakukan pengeroyokan para pelaku juga dijerat Undang - Undang ITE atas penyebaran ujaran kebencian di media sosial (medsos).

Proses penangkapan itu sendiri terungkap atas petunjuk dari media sosial Instagram, Facebook dan file video dan hasil olah TKP. Para pelaku tersebut tersebar di beberapa kawasan di Kota Bandung. "Seorang pelaku berinisial FG misalnya, setelah insiden pengeroyokan ia berada di kawasan Ciparay Kabupaten Bandung," katanya.

Ia menyatakan, pelaku yang melanggar UU ITE berada di Sukabumi, Karawang, Cimahi dan Ciamis. Penyidik juga menetapkan DPO terhadap sejumlah orang yang diduga terlibat dalam pengeroyokan. "Masih ada pelaku lain yang kita kejar, antara lain D, A dan R," tegas Hendro.

Atas perbuatannya, para pelaku terancam dijerat dengan Pasal 170 Kitab Undang - Undang Hukum Pidana (KUHP), dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,