Ledakan di Masjid Afghanistan Tewaskan Puluhan Jemaah

Ledakan di Masjid Afghanistan Tewaskan Puluhan Jemaah

Serangan bom bunuh diri guncang Masjid Syiah yang berlokasi di Kota Herat Afghanistan. (foto - Reuters)

Herat - Masjid Syiah yang berlokasi di Kota Herat Afghanistan, diguncang serangan bom bunuh diri. Serangan terjadi pada Selasa 1 Juli 2017 tersebut, dilaporkan menewaskan lebih dari 20 orang.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (2/8/2017) otoritas di rumah sakit Kota Herat mengatakan, semua korban meninggal dunia ketika mereka sedang salat dan mendadak pelaku meledakkan dirinya sendiri. Selain banyaknya korban jiwa, ledakan iru pun melukai 30 orang lainnya.

Juru bicara kepolisian setempat, Abdulhai Walizada mengatakan, dugaan awal terdapat lebih dari seorang pelaku dalam serangan di Masjid Syiah tersebut. Pelaku pertama disebut meledakkan diri di dalam masjid, sedangkan para pelaku lainnya melemparkan granat ke arah jemaah yang sedang salat.

Sejauh ini masih belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Militan Sunni radikal di Afghanistan kerap melancarkan serangan, yang memang menargetkan para warga Syiah.

Semenjak awal 2017, serangan yang dilancarkan militan radikal di Afghanistan telah menyebabkan lebih 1.700 warga sipil kehilangan nyawanya. Kota Herat yang berbatasan dengan Iran, sebenarnya dipandang sebagai wilayah paling damai di Afghanistan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,