Dua Pesawat Bertabrakan di Landasan Pacu Bandara Toronto

Dua Pesawat Bertabrakan di Landasan Pacu Bandara Toronto

Pesawat Air Canada dan maskapai penerbangan Polandia LOT Polish Airlines bertabrakan di Bandara Toronto Kanada. (foto - Twitter)

Toronto - Dua pesawat berpenumpang bertabrakan di landasan pacu Bandara Internasional Toronto Kanada. Dua pesawat itu, yakni Air Canada dan maskapai penerbangan Polandia yang dioperasikan oleh LOT Polish Airlines.

Seperti dilaporkan Channel News Asia, Senin (7/8/2017) tidak ada korban dalam insiden berbahaya tersebut. Namun, terjadi kerusakan parah pada badan kedua pesawat. Demikian disampaikan Juru Bicara Air Canada, Peter Fitzpatrick.

Menurutnya, kejadian bermula ketika Air Canada bergerak mendekati gerbang pendaratan, padahal pesawat Polandia tersebut berada di posisi yang sama. "Kedua pesawat saling bertabrakan ketika Air Canada bergerak mendekati gerbang pendaratan, sehingga tabrakan kedua pesawat tak dapat terelakan," katanya.

Air Canada yang bertabrakan pada Sabtu 5 Agustus 2017 waktu setempat itu, diketahui tengah membawa 286 penumpang dari Punta Cana, Republik Dominika. Menanggapi kejadian itu, otoritas keamanan di wilayah setempat masih melakukan penyelidikan terhadap insiden berbahaya itu, meski tak memakan korban jiwa.

Juru Bicara Badan Keselamatan Transportasi Kanada Chris Krepski mengatakan, berdasarkan informasi awal yang berhasil dikumpulkan, maskapai Air Canada yang menabrak pesawat Polandia. Padahal, LOT Polish Airlines tengah bersiap untuk lepas landas.

Pesawat Polandia dengan tipe Boeing 787 tersebut berencana untuk terbang ke Warsawa. Kejadian semacam ini bukan yang pertama bagi Air Canada. Sebelumnya, maskapai penerbangan Kanada dengan tipe Airbus A320 nyaris terlibat dalam insiden, yang berpotensi menelan banyak korban di Bandara San Francisco Amerika Serikat.

Ketika itu, pesawat tersebut nyaris mendarat di landasan pacu yang dipenuhi barisan pesawat lainnya. Meski begitu, seorang pengawas penerbangan dapat mengantisipasi kejadian dan mengalihkan pendaratannya ke jalur lain. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,