9 Ruas Tol yang Dilego Waskita Karya Diminati 14 Investor

9 Ruas Tol yang Dilego Waskita Karya Diminati 14 Investor

Waskita Karya segera jual 9 ruas tol. (foto - ist)

Jakarta - Kepemilikan saham atas sembilan ruas jalan tol bakal segera dijual oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Divestasi dilakukan karena semakin mendesaknya kebutuhan investasi, untuk mendanai seluruh proyek jalan tol Waskita.

Menurut Direktur Utama PT Waskita Karya Muhammad Kholiq, sebelumnya Waskita berencana untuk membentuk Trans Jawa, lalu menjual kepemilikan sahamnya kepada publik. Namun, prosesnya sendiri memakan waktu yang cukup lama.

Padahal, Waskita mempunyai Pekerjaan Rumah (PR) besar, yakni merampungkan 1.260 kilometer tol sebelum akhir 2019. Adapun total dana yang perlu disiapkan oleh perusahaan konstruksi tersebut mencapai Rp 110 triliun.

"Kalau melalui pembentukan Trans Jawa baru IPO waktunya lama, sehingga Waskita akan menjual. Mana yang paling menguntungkan itu yang akan kita ambil," katanya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (9/8/2017).

Diakui Kholiq, sedikitnya ada 14 investor yang siap untuk membeli saham tol tersebut. Enam di antaranya merupakan investor asing. Sedangkan dari domestik adalah anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk, yakni PT Astratel Nusantara serta PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyatakan minatnya. Seluruh proses divestasi akan dilepas lewat skema tender pada Agustus 2017. Sementara untuk financial closing ditargetkan rampung akhir September.

Namun, Kholiq tidak merinci besaran harga yang dipatok Waskita. "Yang jelas Waskita enggak akan menjual dalam kondisi rugi, setiap transaksi harus untung. Nanti dipanggil semua pihak," tegasnya.

Sejumlah ruas tol yang masuk dalam daftar divestasi juga masuk dalam Tol Trans Jawa. Antara lain Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Pasuruan-Probolinggo, Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,