Duh, Siswa MTsN di Kota Depok Belajar Tanpa Meja dan Bangku

Duh, Siswa MTsN di Kota Depok Belajar Tanpa Meja dan Bangku

Siswa belajar di lantai di MTs Negeri di Kampung Sawah Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok. (foto - ist)

Depok - Sejumlah siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Kota Depok Jawa Barat tepatnya di Kampung Sawah Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong, belajar dengan beralaskan lantai. Di kelas kelas tersebut tidak ada bangku dan meja untuk para siswanya.

Selain tanpa bangku dan meja, ruang kelas tempat para siswa belajar itu pun dianggap kurang nyaman karena terlalu sempit. Para siswa pun duduk lesehan di sisi belakang kelas hingga hampir mencapai bagian tengah, karena jumlahnya puluhan siswa per kelas. Sementara sang guru berdiri di depan dekat papan tulis.

Menurut salah seorang guru di sekolah itu Basri, kondisi kelas tanpa bangku dan meja sudah berjalan sejak setahun terakhir. Sekolah sudah berupaya meminta bantuan tapi belum maksimal untuk merenovasi ruang kelas dan mengadakan bangku.

"Karena siswanya cukup banyak sedangkan ruangan tidak memadai, kami sekat dengan papan. Ada sekitar empat kelas yang belum dilengkapi dengan bangku dan meja belajar," kata Basri, Selasa (15/8/2017).       

Sejauh ini, ia hanya bisa berharap pemerintah setempat segera mencarikan solusi atas masalah itu. Setidaknya, ruang kelas ditambah dan dilengkapi fasilitas penunjang utama. "Minat masyarakat cukup tinggi untuk belajar di sini," kata pria yang telah mengajar sejak tahun 1993 itu.

Kondisi itu memang dikeluhkan sejumlah siswa. Mereka mengaku tidak nyaman karena harus berjam-jam belajar di lantai. "Kurang nyaman, kalau belajar kayak gini, sempit. Semoga pemerintah bisa membantu membawakan meja dan bangku ke sekolah kami," kata sejumlah siswa. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,