Gempa 5,4 SR Goyang Mentawai Terasa ke Sejumlah Daerah

Gempa 5,4 SR Goyang Mentawai Terasa ke Sejumlah Daerah

Wilayah Kepulauan Mentawai Sumatera Barat diguncang gempa berkekuatan 5,4 SR. (foto - BMKG)

Jakarta - Wilayah Kepulauan Mentawai Sumatera Barat diguncang gempa berkekuatan 5,4 pada skala Richter (SR), Rabu (16/8/2017). Gempa tersebut dilaporkan getarannya terasa hingga ke sejumlah daerah di wilayah Sumatera.

Pusat gempa yang terjadi pada pukul 11.09 WIB itu berada di kedalaman 22 kilometer (km) dari permukaan laut. Badan Meteorolog,i Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya menyebutkan, titik koordinat gempa ini berada di 2.30 Lintang Selatan, dan 99.84 Bujur Timur.

"Atau berjarak 44 kilometer tenggara Kepualauan Mentawai Sumatera Barat," sebut laman BMKG. BMKG juga menyebutkan, gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Sementara itu, Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat Rahmat Triyono menyebutkan, gempa dengan kedalaman 31 kilometer itu berpotensi dirasakan di sejumlah kawasan seperti Pulau Sipora, Pagai Utara, Painan, Padang dan Kabupaten Muko-Muko Bengkulu.

"Gempa tidak berpotensi merusak bangunan," katanya. Menurutnya, gempa Mentawai kali ini termasuk dalam kategori gempa bumi dangkal, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Gempa tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng, yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Konvergensi kedua lempeng itu membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.  "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran oblique naik," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,