Busa Beracun Cemari Wilayah Permukiman Warga di India

Busa Beracun Cemari Wilayah Permukiman Warga di India

Busa beracun mencemari wilayah permukiman warga di India. (foto - HT)

Bangalore - Busa beracun yang menggumpal tiba-tiba muncul di kawasan hunian penduduk, di tepi dua danau yang sangat tercemar di India. Penampakan itu muncul setelah hujan lebat mengguyur selama beberapa hari, yang menyebabkan timbulnya reaksi kimia.
 
Seperti dilaporkan Daily Mail, Jumat (18/8/2017) Danau di Bangalore, barat daya India itu ternyata memang untuk tempat pembuangan berbagai limbah industri beracun, yang menghasilkan busa berbau busuk. Tampak busa itu mencapai tinggi bangunan, berserakan melalui pagar kawat dan tertiup ke jalanan yang mengganggu lalu lintas.
 
Sebuah klip yang diunggah ke Twitter menunjukkan, sungai busa beracun mengalir di aliran terpencil di Bangalore. Para pejalan kaki berada di balik pagar pelindung. Pagar itu dipasang secara khusus di kota yang juga dikenal sebagai Silicon Valley of India karena banyak perusahaan teknologi di sana, untuk menjaga agar gumpalan busa tak keluar jalan.
 
Meski demikian, Danau Varthur dan Bellandur sering meluap dan membawa gundukan busa yang dihasilkan oleh bahan kimia, termasuk amonia, fosfat dan oksigen yang terlarut. Siuasi saat ini di Bangalore yang juga dikenal sebagai Bengaluru sangat buruk. 
 
Kondisi busa beracun yang timbul akibat hujan deras merupakan yang terburuk di sejak 1890. Penampakan busa beracun itu bukan pertamakalinya terjadi di daerah itu. Sebelumnya, gumpalan putih berbahaya dari Danau Bellandur dan Varthur itu pernah meluap pada Oktober 2015.
 
Busa yang muncul akibat reaksi kimia dari hujan itu mudah terbakar. Dari hasil pengujian, didapati jumlah senyawa kimia fosfor dan anorganik yang sangat tinggi di kedua danau. Awal tahun ini, Hindustan Times melaporkan, National Green Tribunal memerintahkan agar industri di sekitar danau Bellandur harus ditutup.
 
Kalangan industri akan dikenakan sanksi berat pada siapa pun yang membuang limbah di sekitar danau. Sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi masalah polusi di Bangalore, pejabat kota diberi waktu sebulan untuk membersihkan danau itu, namun usaha itu sepertinya sia-sia. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,