Rawan Tumbang, Pohon di Bandung Diawasi

Rawan Tumbang, Pohon di Bandung Diawasi

Pohon tua di Bandung rentan tumbang dan menimpa mobil. (Foto :CikalNews /ADE)

Bandung – Demi mengantisipasi banyaknya pohon tumbang di musim penghujan, Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung melakukan berbagai upaya dengan menurunkan petugas untuk mengontrol pohon demi pohon, siapa tahu ada yang berusia lanjut dan rawan tumbang.
 
Menurut penjelasan Kepala Diskamtam Kota Bandung, Arief Prasetya, saat ini pihaknya sudah menurunkan petugas ke lapangan untuk mengontrol pohon yang sudah berumur.
 
“Kita sudah turunkan petugas untuk mengontrol setiap pohon yang sudah berumur, jika ternyata rawan tumbang akan dilakukan penebangan terlebih dahulu,” kata Arief Prasetya di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (18/11/2014).
 
Selain karena usia pohon yang sudah tua, pohon tumbang juga disebabkan karena beban pohon yang terlalu berat oleh dahan.
 
“Petugas akan melakukan pemangkasan kepada pohon yang lebat dengan dahan besar dan berbobot berat sehingga mudah tumbang. Ini akan mengurangi dampak pohon tumbang saat hujan besar melanda,” cetusnya.
 
Dari tiga juta pohon yang ada di Kota Bandung, 500 pohon termasuk pohon yang sudah berumur. Pohon yang sudah berusia ratusan tahun ini kebanyakan berada di daerah Jl. Cipaganti, sekitaran Gedung Sate, Jl. Ambon, dan Jl. Seram Kota Bandung. (AY)
.

Categories:Bandung,