Semarak Acara Pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur

Semarak Acara Pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur

Seremoni pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur.(foto - ist)

Kuala Lumpur - Seremoni pembukaan SEA Games 2017 Kuala Lumpur berlangsung meriah, meski sempat diwarnai hujan deras. Acara pembukaan yang dimulai pada pukul 19.20 WIB di Stadion Bukit Jalil yang menjadi lokasi perayaan, tampak penuh sesak.

Ratusan penari turut ambil bagian dalam seremoni pembukaan ajang olahraga dua tahunan itu. Warna-warni lampu memunculkan tulisan nama-nama negara yang turut serta di dalamnya. Tata cahaya yang didominasi warna kuning tua memunculkan pesona tersendiri.

Keriuhan terdengar setiap kali ada pergantian warna cahaya. Setelah penari undur diri dari tengah lapangan, para penonton disuguhkan aksi Rimau (maskot SEA Games 2017) terbang di udara. Ketika turun, maskot berwajah Harimau itu disambut kembali oleh para penari.

Dibuka dengan aksi disc jockey (DJ) yang dilanjutkan dengan sambutan pembawa acara. DJ kemudian kembali tampil menghibur penonton yang hadir di stadion, diikuti penampilan dengan marching band dari anak-anak sekolah.

Marching band kembali menjadi atraksi yang ditampilkan, kali ini dari korps angkatan bersenjata Malaysia. Sejumlah penari kemudian bergabung ke tengah lapangan, dan melakukan aksi teatrikal.

Penyanyi Datuk Aznil Haji Nawawi turut menghibur dengan membawakan lagunya, yang diwarnai munculnya becak-becak lampu yang juga kerap dijumpai di Indonesia. Setelah itu diikuti dengan doa bersama. Setelah lagu kebangsaan Malaysia, acara penyambutan atlet pun dimulai. Brunei Darussalam muncul pertama kali yang diikuti Kamboja.

Kontingen Indonesia sendiri muncul pada urutan ketiga, dengan mengenakan jas berwarna biru tua dan celana krem. Pembawa bendera Merah Putih dipercayakan kepada atlet renang, I Gede Siman Sudartawa.  Namun, sayang baju adat tak jadi ditampilkan untuk seluruh negara.

Kabarnya panitia memutuskan membatalkan rencana soal baju adat, karena Singapura tak menyerahkan daftar pakaian adat mereka. Berturut-turut tampil kemudian adalah Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam dan tuan rumah Malaysia yang muncul paling akhir.

Setelah seluruh kontingen diperkenalkan, penonton pun dihibur oleh suara merdu Dayang Nurfaizah. Acara pun dilanjutkan dengan sejumlah sambutan dan sumpah atlet dan para wasit. Setelah itu, Raja Malaysia Sultan Muhammad V menyatakan SEA Games 2017 dibuka.

Penonton kemudian disuguhi sejumlah tari-tarian. Memasuki akhir acara, hiburan berlanjut ke aksi para pria berkuda, pertunjukan kapal dan aksi perkusi. Setelah atraksi obor, acara pembukaan ditutup dengan pesta kembang api yang meriah. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,