'Chinatown Bandung' sebagai Wujud Hargai Keberagaman

'Chinatown Bandung' sebagai Wujud Hargai Keberagaman

Suasana peresmian kawasan Chinatown Bandung di Jalan Kelenteng oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Minggu 20 Agustus 2017. (foto - Instagram)

Bandung - Kawasan Chinatown Bandung yang berada di Jalan Kelenteng diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Minggu (20/8/2017). Warga di Wilayah Kelenteng terdiri atas berbagai latar belakang agama dan suku, serta di lokasi itu terdapat rumah ibadah, antara lain Vihara dan Kelenteng.

"Pemerintah Kota Bandung dan perhimpunan masyarakat sosial Bandung (Permaba) hari ini meresmikan konsep Chinatown, sebuah kawasan wisata dengan tema budaya Tionghoa," kata Ridwan Kamil di sela-sela peresmian.

Menurutnya, keberadaan kawasan Chinatown Bandung memperkuat eksistensi Kota Bandung yang menghargai keberagaman. Di mana hal tersebut diwujudkan dalam toleransi beragam dan kegiatan sosial sehari-hari, termasuk dalam lingkup kegiatan perekonomian.

Selain itu, keberadaan Chinatown Bandung  merupakan wujud keberagaman identitas dalam bidang ekonomi. Di kawasan Chinatown yang didesain seperti Kampung Cina, hadir sedikitnya 77 toko yang merupakan kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Bandung.

Emil menyatakan, kawasan yang juga akan menjadi destinasi wisata tersebut diharapkan menjadi inspirasi untuk Indonesia. Di mana, di ulang tahun Republik Indonesia ke-72 kekuatan negara datang dari keberagaman yang diwujudkan dalam bentuk pariwisata.

"Kota Bandung adalah destinasi pariwisata untuk kota nomor satu di Indonesia. Untuk mempertahankannya perlu memperbanyak destinasi baru. Destinasi seperti ini  wujud semangat Pemkot Bandung dalam mewujudkan keberagaman inovatif dan kreatif," tegas Emil.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Masyarakat Sosial Kota Bandung Alexander Candana mengatakan, keberadaan kawasan Chinatown di Jalan Kelenteng menjadi simbol keberagaman dan kebhinekaan. Selain itu, pihaknya mengajak kalangan enterpreneurship untuk bergabung dengan Chinatown Bandung.

Konsep Chinatown didesain seperti Pecinan, memadukan unsur-unsur buaya khas Tionghoa dengan kultur Bandung, yang identik dengan suasana ruang terbuka. Sejumlah ornamennya merupakan perpaduan antara khas Tionghoa dengan Sunda pribumi. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,